WUJUD KEKUATAN

Di sebuah desa kecil, tinggallah seorang pria yang selalu bahagia, baik hati, dan melayani semua orang yang ditemuinya.

Ia selalu tersenyum, dan menggunakan kata-kata yang baik dan mendorong untuk dikatakan, kapan pun dibutuhkan.

Setiap orang yang bertemu dengannya, merasa lebih baik, lebih bahagia, dan gembira. Maka penduduk desa pun mengandalkannya, dan menganggapnya sebagai teman baik.

Salah satu penghuni desa itu penasaran ingin tahu apa rahasianya, dan bagaimana ia bisa selalu bersikap baik dan membantu.

Ia juga bertanya-tanya, bagaimana mungkin pria itu tidak menyimpan dendam terhadap siapapun, dan selalu merasa bahagia.

Akhirnya, penghuni desa itu memberanikan diri untuk bertemu dengan pria itu, katanya,

Kebanyakan orang egois dan tidak puas. Mereka tidak tersenyum sesering Anda. Mereka juga tidak membantu atau menyukai seperti Anda. Bagaimana Anda menjelaskannya?

Pria itu tersenyum dan menjawab,

Saat Anda berdamai dengan diri sendiri, Anda bisa berdamai dengan dunia lainnya. Jika Anda bisa mengenali roh dalam diri Anda, Anda dapat mengenali semangat setiap orang, dan kemudian Anda merasa wajar bersikap baik terhadap semua orang.

Jika pikiran Anda berada di bawah kendali Anda, Anda menjadi kuat dan teguh. Kepribadian itu seperti robot yang diprogram untuk melakukan tugas tertentu.

Kebiasaan dan pikiran Anda adalah alat dan program yang mengendalikan kepribadian Anda. Bebas dari diprogram, dan kemudian kebaikan batin dan kebahagiaan yang ada di dalam diri Anda akan terungkap.

Tapi banyak yang perlu dikerjakan. Kebiasaan baik harus dikembangkan. Kemampuan untuk berkonsentrasi dan mengendalikan pikiran harus diperkuat. Pekerjaannya sulit dan tak ada habisnya. Ada banyak dinding yang perlu didaki. Ini bukan tugas yang mudah,” ratap penghuni desa itu.

“Jangan memikirkan kesulitan, jika tidak, inilah yang akan Anda lihat dan alami. Santai saja perasaan dan pikiran Anda, dan cobalah untuk tetap berada dalam kedamaian ini. Coba saja tenang, dan jangan biarkan dirimu terbawa oleh pikiranmu.

Apakah itu semua?” tanya penghuni desa itu.

Cobalah perhatikan pikiran Anda dan lihat bagaimana mereka datang dan pergi. Tinggallah dalam ketenangan yang muncul. Saat-saat damai akan singkat pada awalnya, tapi pada saatnya nanti mereka akan tinggal lebih lama.

Kedamaian ini juga kekuatan, kekuasaan, kebaikan, dan cinta. Pada waktunya nanti, Anda akan menyadari bahwa Anda adalah satu dengan kekuatan seluruhnya, dan ini akan membawa Anda untuk bertindak dari dimensi – sudut pandang yang berbeda – kesadaran, bukan dari ego, egois, kecil, dan terbatas.”

Saya akan mencoba mengingat kata-kata Anda,” kata penghuni desa itu.

Lanjutnya,

Ada hal lain yang membuat saya penasaran. Sepertinya Anda tidak terpengaruh oleh lingkungan. Anda menggunakan kata yang baik untuk semua orang, dan Anda sangat membantu. Orang memperlakukan Anda dengan baik, dan tidak pernah mengeksploitasi kebaikan Anda.”

Menjadi baik dan bersikap baik tidak harus menunjukkan kelemahan. Bila Anda baik, Anda juga bisa menjadi kuat. Orang merasakan kekuatan batin Anda, dan karena itu, jangan memaksakan pada Anda.

Bila Anda kuat dan tenang di dalam, Anda membantu orang, karena Anda bisa, dan Anda menginginkannya. Anda bertindak dari kekuatan, bukan dari kelemahan.

Kebaikan bukanlah tanda kelemahan, seperti yang dipikirkan beberapa orang. Itu bisa terwujud bersamaan dengan kekuatan dan kekuasaan.”

Terima kasih banyak atas saran dan penjelasannya,” kata penghuni desa itu, lalu pergi dengan gembira dan puas.