WHITE CHRISTMAS

I’m dreaming of a white Christmas
With every Christmas card I write
May your days be merry and bright
And may all your Christmas as be white

SEPENGGAL nada manis dari lagu White Christmas karya Irving Berlin yang dirilis tahun 1942 itu mengalun lembut memenuhi lobi salah satu hotel di Semarang, pekan lalu. Dekorasi serba putih sampai Senin (20/12) lalu masih menghiasi hotel di kawasan Simpang Lima, Semarang, Jawa Tengah, itu, menghantar damai dan kehangatan Natal bagi setiap tamu hotel yang datang. Lagu kondang itu dikarang oleh Irving Berlin.

Siapa Irving Berlin? Ia adalah sosok yang lahir dan berasal dari imigran Yahudi Rusia pada tahun 1888 dan memiliki kenangan yang getir di hari Natal. Pada usia lima tahun, Irving bersama anggota keluarganya berimigrasi ke Amerika Serikat. Karier Irving dalam dunia musik dimulai dengan menjadi penulis lagu di New York’s Tin Pan Alley.

Kisah penulisan lagu White Christmas sendiri dilakukan Irving ketika ia bekerja di Hollywood. I’m dreaming of a white Christmas, just like the ones I used to know adalah bait pertama dari lagu White Christmas, yang ditulis Irving.

Alasannya menulis syair bait pertama lagu itu sangat sederhana. Ia terinspirasi kenangan Natal pada masa kecilnya. Kala itu, Irving merayakan Natal bersama tetangganya, keluarga O’Hara. Ia terkesima melihat pohon natal keluarga itu yang menjulang tinggi mengelilingi dirinya. Itulah memori terindah yang tak terlupakan.

Di balik kepopuleran White Christmas, tak banyak orang yang memahami tragedi kehidupan Irving. Istri pertama Irving meninggal karena penyakit tipus. Perkawinan keduanya dengan Ellen Mackay disorot oleh pers New York. Putra pertama Irving-Ellen, Irving Jr, tepat di hari Natal meninggal akibat sindrom kematian balita mendadak.

Setiap tahun Irving dan Ellen diam-diam pergi ke kuburan Irving Jr untuk meletakkan seikat bunga di pusaranya sebagai kenangan tanda cinta mereka kepadanya di hari Natal.

I’m dreaming of a white Christmas
Just like the ones I used to know
Where the tree tops glisten
And children listen, to hear sleigh bells in the snow.

3 thoughts on “WHITE CHRISTMAS

  1. Good story…. ^=^
    Hhmm…. Dari liriknya seperti ada rasa kesedihan akan kenangan masa lalu namun tetap tabah & berharap bahwa Tuhan selalu bawa damai & kehangatan…. ( Jadi benar dasar pembuatan lagunya sudah sesuai seperti kisah nyata yang dialaminya di masa lalu Irvin Berlin).
    Namun janganlah kita larut dengan kesedihannya yang berlebihan tetapi sebagai anak-anak Tuhan yang hidupnya disembunyikan Tuhan di dalamnya, kita justru harus bisa memandangnya seperti Tuhan memandang bahwa Elohim kita itu luar biasa, sanggup melakukan segala perkara tidak dibatasi oleh ruang, waktu/ apapun bahkan yang kelihatan mustahil/ tidak ada pun DIA sanggup ubah jadi mungkin/ ada.
    Tenang , Damai, Sukacita, kepastian, jalan keluar/ terobosan itu pasti DIA berikan bagi yang selalu berharap & hidup seturut kehendak Elohim….
    Seperti kata firmanNYA :
    Serahkanlah kuatirmu kepada Tuhan, maka Ia akan memelihara engkau! Tidak untuk selama-lamanya dibiarkanNYA orang benar itu goyah. (Mzm 55:22). Amin.
    Buang semua rasa sedih/ kuatir/ ragu/ putus asa/ penyesalan yang berlebihan. Sebab ini hanya akan menghambat kita dapat menerima sesuatu yang baru dari Bapa yang kekal yang sudah disiapkanNYA bagi kita. Ayo kita minta Roh Kudus selidiki hati kita & membereskannya supaya tetap selalu berkenan dihadapanNYA sehingga menyenangkan hatiNYA….
    Thank you Holy Spirit.
    Haleluyah 12x.

    Have a blessed wednesday by HIS new power, new strength & new annointing.
    ⌣»̶·̵̭̌·✽τнänκ чöü✽·̵·̵̭̌«̶⌣
    Jesus Loves You So muchhhh….

  2. Pagi.Kisah yg bagus banget
    Kisah dari Lagu White Christmas dari Irving walau beberapa dr baitnya terdengar sedih tp Sekaligus terdengar ada rasa harapan baru&Cinta.
    Bila saya mengingat ada Beberapa Orang terutama Gembala Jemaat suatu Gereja Melarang keras pelayan WL bahkan melarang jemaat menyanyikan atou menyaksikan dari lagu”JanjiMu Seperti Wajar,Pelangi Sehabis Hujan. Karena lagu tersebub adl lagu yg isinya mengasiani diri,tdk memuliakan Tuhan dgn Sepenuhnya. Sedih banget .” saya kurang paham ttg seni musik&Vokal tp Bagi saya semua Lagu rohani Terutama Kristen baik setiap lirik,baiknya sertiap jenis musiknya dll pasti berisi tentang Kebaikan2 Tuhan yg di alami para pencipta lagu,para penyanyinya.Dan semua itu juga bertujuan ingin memuliakan Nama Tuhan serta ingin memberikan semangat yg baru bg banyak orang.’Bila lagu seperti JanjiMu sperti Fajar&Pelangi Sehabis Hujan memang Terbukti Kurang Baik bila utk Pujian penyembahan lagu tersebud tdk akan pernah Di izinkan Sama Tuhan Yesus boleh menjadi Terkenal,boleh menjadikan jalan pemulihan perekonomian si pencipta lagu& penyanyinya,di perbolehkan Tuhan juga menjadi Jalan Berkat bagi banyak orang.Tuhan itu Maha Kuasa,Maha Kasih,Maha Adil.
    Saya di ingatkan juga bahwa Pujilah Tuhan dgn segenap Jiwa&Hatimu.Pujilah Dia dgn Suka Cita. jangalah Takut dlm memuji&Menyembah Tuhan.Bila Lagu tersebub masi berisi atou menceritakan Kebaikan Tuhan,mengajarkan utk Tetap Takut ,Berserah &Percaya pd Tuhan.Manusia penilaianya terbatas.yang Berhak menilai itu baik,benar,pantas atou tdk pantas,berkenan membawa dlm hadirat Tuhan atou berkenan membawa dlm hadiratNYA setiap lagu rohani kristen hanyalah Tuhan Yesus.tg di buktikan secara Nyata dlm berbagai bentuk baik perekonomian dll. Mari Teman kita belajar bersama sama utk TdkTakut dlm Memuji&Menyembah Tuhan atou bersaksi dari sebuah lagu rohani .Tetap semangat& tetaplah trs berkarya bersama Tuhan Yesus.Amin.Gbu all
    Thank u Ko Gi.ats Kisahnya.
    Met bertugas.Tetaplah trs berkarya serta Melayani Tuhan.Tetaplah tersenyum.Tetaplah jadi sendiri.Semangat7x Gbu

    Saya ikut bahagia utk Setiap pelayanan koko di Bulan Desember ini&Foto2 e bagus,keren..Sipp.
    Utk Tgl24&25.Saya & keluarga Mengucapkan Met Natal th2015 , met melayani.met beribadah.Semangat.Thank u Gbu

  3. White Christmas. The song is beautiful and everlasting. We listen this song for so many times but still like to listen over and over again at Christmas. It’s one of the masterpieces. Reading its lyrics, suddently I remember to make a wish for His churches, you and myself at Christmas Eve.

Comments are closed.