TUMBUH EKOR

Alkisah, seorang putri raja memiliki masalah kecil pada matanya, yang membuatnya merasa benar-benar buruk. Sebagai putri raja, ia agak manja, dan terus menangis sepanjang waktu.

Ketika para dokter ingin memberikan obat, ia selalu menolak perawatan medis dan terus-menerus menyentuh tempat yang sakit di matanya. Akhirnya penyakitnya semakin memburuk, sampai akhirnya raja menyatakan akan memberikan hadiah besar bagi siapa saja yang bisa menyembuhkan putrinya.

Setelah beberapa waktu, tiba seorang pria yang mengaku sebagai dokter terkenal. Ia mengatakan bahwa ia pasti bisa menyembuhkan sang putri dan merawat di kamarnya. Setelah memeriksa, ia berseru, “Oh, aku sangat menyesal!”

“Apa itu?” tanya sang putri.

Pria yang mengaku dokter itu mengatakan, “Tidak ada yang salah dengan mata Anda, tapi ada sesuatu yang lain yang benar-benar serius.”

Putri itu menjadi khawatir dan bertanya, “Apa yang begitu serius?”

Pria itu ragu-ragu dan berkata, “Ini benar-benar buruk. Saya tidak harus memberitahu Anda tentang hal ini.” Tidak peduli seberapa ia bersikeras, ia menolak untuk mengatakan kepada putri raja, hanya saja ia mengatakan ia tidak bisa berbicara tanpa izin raja.

Ketika raja tiba, pria itu masih enggan mengungkapkan temuannya. Akhirnya raja memerintahkan, “Ceritakan apa yang salah. Apa pun itu, Anda harus memberitahu kami!”

Akhirnya pria yang mengaku dokter itu mengatakan, “Yah, mata Anda akan menjadi lebih baik dalam beberapa hari, itu bukan masalah. Masalah besarnya adalah pada sang putri akan tumbuh ekor, sedikitnya sembilan depa panjangnya. Ini mungkin akan mulai tumbuh segera. Jika ia bisa mendeteksi saat pertama kali muncul, saya mungkin bisa mencegahnya tumbuh.”

Mendengar berita ini semua orang sangat prihatin. Dan sang putri, apa yang ia lakukan? Ia hanya tinggal di tempat tidur, siang dan malam, mengarahkan semua perhatiannya untuk mengetahui kapan ekor itu mulai muncul. Dengan demikian, setelah beberapa hari, matanya sembuh.

_____________________________

Daripada kita berfokus pada hal-hal yang buruk mari kita alihkan fokus pikiran kita pada hal-hal yang baik. Seringkali kita juga berfokus pada pintu yang sudah tertutup, dan kita tidak bisa move on dari sana, alias kepikiran terus di situ. Padahal di sisi lain, dalam pandangan yang belum kita fokuskan, masih banyak pintu-pintu lain yang sedang terbuka lebar bagi kita.

Selamat hari Jumat !

logo