TERBENTUR & TERBENTUK

Ketika Thomas Edison menemukan bola lampu, ia mencoba lebih dari 2.000 percobaan sebelum akhirnya ia berhasil.

Seorang reporter muda bertanya bagaimana rasanya gagal berkali-kali.

Edison menjawab, “Saya tidak pernah gagal sekalipun. Saya menemukan bola lampu. Kebetulan, saya harus melalui proses 2.000 kali.”

Wilma Rudolph adalah anak ke-20 dari 22 anak-anak orangtuanya. Ia lahir prematur dan kelangsungan hidupnya diragukan.

Saat berumur empat tahun, ia mengalami pnemunia dan demam berdarah, yang membuat kaki kirinya lumpuh.

Pada umur 9 tahun, ia melepaskan penjepit kaki logam yang telah ia andalkan dan mulai berjalan tanpanya.

Pada usia 13 tahun, ia telah mengembangkan jalan berirama, yang menurut dokter merupakan sebuah keajaiban. Pada tahun yang sama ia memutuskan untuk menjadi pelari.

Ia memasuki balapan dan masuk terakhir. Selama beberapa tahun berikutnya, setiap lomba yang ia masuki, ia selalu mencapai garis finish yang terakhir.

Semua orang menyuruhnya berhenti, tapi ia terus berlari. Suatu hari, ia benar-benar memenangkan perlombaan. Dan satu lagi. Sejak saat itu ia memenangkan setiap lomba yang diikutinya.

Akhirnya, gadis kecil ini, yang divonis bahwa ia tidak akan pernah jalan lagi, kemudian memenangkan tiga medali emas Olimpiade.

Pada tahun 1962, empat musisi muda gugup ketika rekaman audisi pertama mereka untuk para eksekutif perusahaan rekaman.

Para eksekutif itu tidak terkesan oleh penampilan mereka. Sambil menolak kelompok musisi tersebut, seorang eksekutif berkata, “Kami tidak menyukai suara mereka. Kelompok gitarnya di luar jalur.”

Tahukah Anda? Kelompok musisi itu adalah The Beatles.

Pada tahun 1944, Emmeline Snively, direktur Blue Book Modelling Agency, mengatakan kepada model Norma Jean Baker yang penuh harap, “Sebaiknya Anda belajar pekerjaan sekretaris atau menikah.”

Tapi wanita itu melanjutkan harapannya dan menjadi Marilyn Monroe.

Pada tahun 1954, Jimmy Denny, manajer Grand Ole Opry, memecat seorang penyanyi setelah satu penampilannya. Kata manajer itu kepadanya, “Kamu tidak bisa ke mana-mana, Nak. Kau harus kembali mengendarai sebuah truk.”

Tapi, penyanyi itu kemudian menjadi yang paling populer di Amerika bernama Elvis Presley.

Ketika Alexander Graham Bell menemukan telepon pada tahun 1876, telepon itu tidak berbunyi dari panggilan pendukung potensial.

Setelah melakukan demonstrasi, Presiden Rutherford Hayes berkata, “Itu adalah penemuan yang menakjubkan, tapi siapa yang akan menggunakan salah satunya?”

Pada tahun 1940-an, penemu muda lain bernama Chester Carlson membawa idenya kepada 20 perusahaan termasuk beberapa negara terbesar. Mereka semua menolaknya.

Pada tahun 1947, setelah tujuh tahun ditolak! Ia akhirnya mendapat perusahaan kecil di Rochester, New York, yaitu perusahaan Haloid, untuk membeli hak atas penemuannya dalam proses penyalinan kertas elektrosstatik.

Haloid kemudian menjadi Xerox Corporation yang kita kenal sekarang.

Karakter tidak bisa dikembangkan dengan mudah dan tenang. Hanya melalui pengalaman percobaan dan penderitaan bisa memperkuat jiwa, penglihatan dibersihkan, ambisi terinspirasi, dan sukses tercapai.

Salah Satu pendiri republik, yakni Tan malaka pernah berkata, “Terbentur,terbentur, terbentur, terbentuk!”