Tahun baru kok berasa lama dan bikin lelah! Ini rahasianya yang lama pun berasa baru.

31 Desember 2019.

Sayup-sayup saxophone Kenny G melantun Auld Lang Syne di kamar saya pagi ini. Sengaja saya pengen dengerin musik ini tiap kali pergantian tahun menjelang. Semacam lagu wajib gitu lah untuk di dengarkan.


Salah satu liriknya demikian.

We too have run around the slopes
And picked the daisies fine.
We’ve wondered many weary foot
Since auld lang syne


Terjemahan saya kurang lebih begini.

Kami telah berlarian sepanjang lereng. Memetik bunga Aster yang cantik. Herannya, banyak kaki yang kelelahan.

 

Hmmm….Betul sekali loh!

Saya renungkan sepanjang 2019, baik itu saya atau mungkin Anda, mengalami hal ini.

Masih ingat kan awal-awal Januari 2019 lalu? Pasti ada tekad membara untuk menjemput segala keindahan di hari-hari ke depan.

Dan bukankah minimal ada “satu tangkai bunga Aster yang cantik” yang berhasil kita petik di tahun ini kan?


Tapi sering kita lupakan segala keindahan yang pernah kita lihat. Saat melihat kok orang lain lebih banyak bunga yang dia dapatkan ya!?

Kok lebih cantik bunganya dia ya dibanding bunga milik saya?!


Nah yang begituan, bikin banyak kaki-kaki yang sedang capek hari-hari ini. Terlalu capek bahkan sekedar untuk melangkah, memetik harapan di masa depan.

Kita pikir, ah...paling ya cuma begitu saja hasil yang saya akan petik.

Mungkin berasa gak adil ya?

Kita kerja lebih keras dibanding orang lain,. Kita lebih khusuk berurusan ama Tuhan. Tapi kok orang lain lebih diberkati gitu hidupnya?! 


Kalau Anda pernah ada di tahap perasaan ini, Anda gak sendiri kok! Saya pernah juga ada di sana.


Jadi bagaimana? Mau semakin lelahkah kaki-kaki kita melangkah di tahun 2020 nanti?

Mau berhenti saja? Wah Anda pengecut banget kalau berhenti! Kalah sebelum bertanding itu namanya!


Jadi harus bagaimana dong!?

Ini yang saya lakukan sih. Dalam seminggu saya praktekkan. Barangkali mau dicopas caranya boleh.

1. Bersyukur
2. Bersyukur
3. Bersyukur
4. Bersyukur
5. Bersyukur
6. Bersyukur
7. Bersyukur

 

Hahaha! Gitu aja ya? Lha sudah tahu kalau cuma begitu saja kok ya gak pernah kita lakukan


Eitsss, jangan bilang gitu aja dunk! Itu powerful! 1 bunga Aster cantik pun wajib disyukuri bukan?

 

Teman, di dunia ini banyak ketidakadilan yang harus kita adilkan sendiri dengan bersyukur.  Jangan tunggu keadaan membaik baru bersyukur. Tapi banyak bersyukur membuat keadaan kita semakin membaik. 

Amin???

Selamat tahun baru 2020 buat Anda semua dari saya!

 

Gideon Yusdianto
Instagram @61d30n