SERENDIPITY

Ada sebuah dongeng Persia yang sangat terkenal, berjudul : Tiga Pangeran Serendip.

Kisah ini menceritakan tentang seorang raja yang mendadak meninggal karena sakit, sehingga kerajaannya, Serendip( kini adalah Sri Lanka ), diwariskan pada ketiga anaknya. Sayangnya, ketiganya belum siap untuk memimpin negaranya. Mereka bertiga menjalankan dengan sembrono dan serba keliru. Namun malah berhasil membangun negara menjadi makmur dan sejahtera.

Sedemikian populernya dongeng tersebut, hingga judulnya “SERENDIP” itu dimasukkan dalam Kamus Bahasa Inggris, dengan kata ” Serendipity ” dengan arti “KEBETULAN. Serendipity, suatu kekeliruan yang berdampak positif, banyak juga kita jumpai dalam kehidupan manusia.

serendipity

Mari kita simak beberapa penemuan dari Serendipity yang mendatangkan manfaat.

Pada 1879, Perusahaan P&G, seorang karyawan teledor mematikan mesin pengolah lilin saat pergi makan siang. Ketika pulang, ruangan pabriknya telah dipenuhi dengan busa, busa itu tidak langsung lenyap saat dibuang ke sungai. Serendipity ini menjadi ide bagi perusahaan yang hampir bangkrut itu, karena pasar lilin telah terlindas habis dengan penemuan bola lampu oleh Thomas Edison, malah bangkit kembali dengan memproduksi SABUN, yang kemudian menjadi perusahaan raksasa dunia.

Seorang petani sedang memasak air di ladang, tanpa disadari daun dari pohon teh jatuh ke dalam airnya, dan menimbulkan aroma wangi, serendipity itu awal mulanya timbulnya IDE membuat TEH.

Semula ROTI hanya berbentuk datar, keras seperti martabak, adonan roti hanya dipanaskan sebentar saja. Seorang budak yang bertugas memanggang roti itu, ketiduran kerena kelelahan, sehingga rotinya terpanggang cukup lama. Saat ia terbangun, ia kaget melihat rotinya telah mekar 2 kali besar dari biasanya. Warnanya mengkilat, empuk dan renyah. “Serendipity” ini menjadikan roti menjadi terkenal hingga sekarang.

UNTA merupakan sarana transport utama di Timur Tengah. Seorang penunggang unta, memasukkan susu dalam kantung kulitnya. Akibat guncangan gerak langkah unta serta panasnya sinar matahari di gurun, susunya malah berubah menjadi kental masam. Serendipity ini melahirkan cara membuat MENTEGA.

Kita sudah terbiasa menganggap kekeliruan selalu berdampak negatif, dan merugikan. Namun sebenarnya kekeliruan tidak selalu berdampak negatif, sebab ada juga kekeliruan menjadi suatu Serendipity, dapat berdampak positif, konstruktif, dan bermanfaat.

Selamat hari Senin!

Tentunya anda makin kreatif penuh ide baru dan tidak perlu mengandalkan serendipity, setelah ber-long weekeend karena ada hari libur nasional Nyepi!

cropped-cropped-gideoncom.jpg

 

One thought on “SERENDIPITY

Comments are closed.