SENYUM ADALAH PROPERTI YANG BERHARGA

Ia tersenyum pada lelaki tak dikenal yang murung itu. Senyum itu tampaknya membuat perasaannya lebih baik. Lelaki itu teringat kebaikan seorang temannya dulu dan menyuratinya untuk berterima kasih.

Temannya sangat senang menerima surat itu sehingga ia meninggalkan tip besar saat makan siang. Si pelayan, terkejut melihat jumlah tip itu, mempertaruhkan semuanya mengikuti firasatnya. Besoknya ia mengambil uang yang dimenangkannya, dan memberikan sebagian pada lelaki di jalan. Lelaki di jalan itu merasa bersyukur; karena sudah dua hari ia tak makan. Setelah ia selesai makan, ia pulang ke kamarnya yang sempit dan kumuh. (Ia tak tahu pada waktu itu bahwa ia mungkin akan menemui ajal).

Dalam perjalanan ia memungut anak anjing yang kedinginan dan membawanya ke rumah supaya hangat. Anak anjing itu sangat bersyukur tak lagi di luar didera badai. Malamnya rumah itu terbakar. Anak anjing itu menggonggong memberi peringatan. Ia menggonggong hingga seluruh isi rumah terbangun dan menyelamatkan semua orang dari bahaya. Salah satu anak yang diselamatkannya tumbuh dewasa menjadi Presiden.

Semua ini karena sebuah senyum yang tak membutuhkan uang satu sen pun.

________________________________________________

Prosa di atas ditulis oleh seorang ABG dan dimuat dalam sebuah buku apik. Prosa ini menggambarkan bagaimana sebuah senyum dapat menyelamatkan hidup banyak orang dan menumbuhkan rasa percaya diri yang menyenangkan.

Pernahkah Anda melihat wajah orang yang tidak pernah tersenyum? Bagaimana perasaan Anda? Yang pasti, apa pun perasaan kita, pada dasarnya, memandang wajah orang yang tidak mau tersenyum amatlah menjengkelkan. Ini tidak berarti kita harus terus senyum-senyum sendiri di mana-mana. Namun, alangkah berbedanya bila sudut bibir kita tertarik ke atas dan bukannya turun ke bawah.

Bila sudut bibir kita tertarik ke atas, wajah kita akan lebih nampak cerah dan membuat orang-orang di sekeliling kita merasa aman. Sebaliknya, bila sudut bibir kita turun ke bawah, maka seluruh rona muka kita akan tampak kusut dan membuat orang-orang di sekeliling kita enggan mendekat. Bisa saja orang beranggapan, “Orang itu judes. Orang itu jahat. Orang itu galak. Orang itu menyeramkan.”

Senyum menunjukkan keramahan yang terpancar dari dalam. Selain itu, senyum juga melegakan hati diri sendiri. Dengan tersenyum, kita akan merasa lebih santai dan jauh dari perasaan tegang. Kita memerlukan senyum, bukan hanya untuk membahagiakan orang lain, melainkan juga untuk menenangkan hati kita sendiri. Senyum selalu memiliki arti keindahan, ketenangan, kedamaian dan kasih sayang. Apa pun yang sedang kita alami saat ini -susah atau senang, santai atau tegang-berusahalah untuk tetap tersenyum. Tersenyumlah memandang semua hari-hari kita dan rasakan keramahan itu tidak hanya kita dapatkan dari luar pribadi kita, melainkan dari dalam diri kita sendiri.

Cukup banyak kejahatan, kekerasan dan angkara murka yang terjadi di sekeliling kita. Semua itu disebabkan karena banyak orang yang enggan untuk mengakui kekurangan dan kelemahan dirinya. Semua orang enggan untuk bersikap ramah terhadap diri sendiri (merasa selalu benar), dan akibatnya, manusia enggan pula bersikap ramah pada sesamanya. Tak ada lagi senyum yang tersungging di bibir. Apakah kita juga ingin menyemarakkan suasana penuh kekerasan dan tanpa keramahan ini?

Dengan situasi yang makin memburuk sekarang ini, nampaknya senyum telah menjadi harta yang mahal harganya. Senyum makin langka dan makin sulit dicari. Kekristenan selalu mengajarkan kasih. Dalam kasih selalu ada senyum keramahan. Dalam senyum keramahan, tak ada kekerasan dan angkara murka. Adakah kita mau tersenyum dan mengembalikan kedamaian dunia melalui kasih Tuhan dalam hidup kita?

5 thoughts on “SENYUM ADALAH PROPERTI YANG BERHARGA

  1. Pagi.Kisah yg bagus
    Dalam segala situasi&Kondisi berusahalah trs utk Tetap Tersenyum.Krn itu adl satu bentuk& dasar Kekuatan kita .alias BERSYUKUR.&Percaya akn Tuhan.bkn sembarang umbar senyum loh!.
    Semangat Teman.Jgn menyerah bersama Tuhan kita mampu,kit pasti Berhasil.Amin.Gbu All
    Thank u Ko Gi ats kisahnya.Met bertugas&Semangat7x.Gbu

  2. Good story&opinion….^=^
    Wwoooiiiii….. Nyindir yaaa…wkwkk
    Yaa definisi senyum memang keramahan, kebaikan, sukacita…. Tapi tidak selalu orang yg senyum murni penuh ketulusan. Apalagi jaman sekarang banyak orang berkedok senyum&keramahan tapi mempunyai motifasi negatif.

    Yaa apapun itu setuju kok dg ulasannya… Ya km aja yg murah senyumnya, aq tetap mahal senyumnya….. Hemat gitu loh… Hahahaa…. Hohohoo… Heheheee….Hihihiii…

    Have a cheerful monday evening.
    ⌣»̶·̵̭̌·✽τнänκ чöü✽·̵·̵̭̌«̶⌣
    Jesus Loves You So Much.

  3. Have a good cheer! Life is beautiful. Smiling to start your day. You will have good lucks in your whole day and turn your complicated problems to be better. Smile. Lord Jesus Christ loves you.

Comments are closed.