SAAT-SAAT SAKRAL

Seorang penulis ternama asal Brazil bernama Paulo Coelho pernah menulis sebuah doa yang cukup panjang. Namun setelah sekian lama, melalui seorang teman di suatu ketika di Sao Paulo, mengingatkannya tentang doa itu. Sehelai kertas berwarna disodorkan kepada Paulo. Di bagian atas kertas tertera judul ‘Saat-saat Sakral’, tidak dicantumkan nama gereja atau agama tertentu di sana, tampaknya hanya barisan doa saja.

Dengan sangat terkejut Paulo mulai menyadari bahwa nama penulis doa itu adalah dirinya sendiri. Doa itu pertama kali diterbitkan pada awal tahun 1980-an di sampul sebuah buku puisi. Tanpa disangka-sangka doa itu justru menjadi bagian yang penting bagi sejumlah orang di sana. Ada keyakinan yang kuat dalam hati seorang Paulo untuk menyebarluaskan doa itu kepada banyak orang, berharap doa tersebut bisa menjadi pendorong bagi setiap orang untuk menulis doa mereka sendiri; doa-doa permohonan pribadi atau bagi orang lain yang sangat penting.

Demikian isi doa tersebut:

Tuhan, lindungilah keraguan-keraguan kami, sebab Keraguan pun sebentuk doa. Keraguan-lah yang membuat kami bertumbuh dan memaksa kami untuk tidak takut melihat sekian banyak jawaban yang tersedia untuk satu pertanyaan. Kabulkanlah doa kami..

Tuhan, lindungilah keputusan-keputusan kami, sebab membuat keputusan pun sebentuk doa. Setelah bergumul dengan keraguan, beri kami keberanian untuk memilih antara satu jalan dengan jalan lainnya. Biarlah kiranya pilihan YA tetap YA dan pilihan TIDAK tetap TIDAK. Setelah kami memilih jalan kami, kiranya kami tidak pernah menoleh lagi atau membiarkan jiwa kami digerogoti penyesalan. Kabulkanlah doa kami…

Tuhan, lindungilah tindakan-tindakan kami, sebab Tindakan pun sebentuk doa. Kiranya makanan kami sehari-hari menjadi buah dari segala yang terbaik dalam diri kami. Kiranya kami bisa berbagi walau sedikit saja dari Kasih yang kami terima, melalui karya dan perbuatan. Kabulkanlah doa kami…

Tuhan, lindungilah impian-impian kami, sebab Bermimpi pun sebentuk doa. Kiranya usia maupun keadaan tidak menghalangi kami untuk tetap mempertahankan nyala api harapan dan kegigihan yang suci itu di dalam hati kami. Kabulkanlah doa kami..

Tuhan, berikanlah antusiasme kepada kami, sebab Antusiasme pun sebentuk doa. Antusiasme-lah yang memberitahu kami bahwa hasrat-hasrat kami penting dan layak diperjuangkan semaksimal mungkin. Antusiasme-lah yang mengukuhkan kepada kami bahwa segala sesuatu tidaklah mustahil asalkan kami sepenuhnya berkomitmen pada apa yang kami lakukan. Kabulkanlah doa kami…

Tuhan, lindungilah kami, sebab Hidup ini adalah satu-satunya cara bagi kami untuk mengimpartasikan kuasa keajaiban-Mu. Kiranya bumi tetap mengolah benih menjadi gandum, kiranya kami bisa tetap mengubah gandum menjadi roti. Dan semua ini hanya dimungkinkan apabila kami memiliki Kasih; karenanya, janganlah kami ditinggalkan seorang diri. Biarlah selalu ada Engkau di sisi kami, dan ada orang-orang lain – laki-laki dan perempuan-perempuan – yang menyimpan keraguan-keraguan, yang bertindak dan bermimpi dan merasakan antusiasme, yang menjalani setiap hari dengan sepenuhnya membuktikannya kepada kemuliaan-Mu. Amin

__________________________________________________

Bagaimana teman?

Doa yang luar biasa ini semoga tidak menjadi mantra yang selalu dilafalkan dengan cara yang sama karena sudah menjadi hafalan. Saya bisa menangkap roh yang luar biasa dari isi doa itu, doa dari seseorang yang menampilkan jati diri apa adanya di hadapan Tuhan, tanpa ada yang ditutup-tutupi. Pendoa ini begitu rindu Tuhan memakai kehidupannya boleh mencerminkan kasih Kristus kepada banyak orang.

Adakah anda sudah berdoa dengan roh yang luar biasa seperti doa di atas?

 

logo_1543818_web

4 thoughts on “SAAT-SAAT SAKRAL

  1. Nice story…^=^
    Dg doa kt dpt menjangkau apa yg tdk terjangkau krn sesungguhnya bukan kt yg melakukannya tapi Roh Kudus sendiri sehingga terjadi sesuatu seperti yg Tuhan kehendaki. Sehingga ada doa yg tidak dikabulkan krn tidak sesuai dg yg Tuhan mau. Dan ada jawaban doa yg masih tunggu waktu Tuhan.
    Doa bisa jg diartikan komunikasi 2 arah dg Bapa surgawi yg kt sembah di dlm nama Tuhan Yesus.
    Salah satu slogan hamba Tuhan senior: tidak berdoa, tidak ada berkat. Sedikit berdoa, sedikit berkat. Banyak berdoa, banyak berkat.
    Lets do prayers as our habit…
    Praise The Lord…All by His grace only.
    Have a blessed day.
    ⌣»̶·̵̭̌·✽τнänκ чöü✽·̵·̵̭̌«̶⌣ Jbu all

  2. Doa adalah nafas kehidupan kita dgn Yesus, harus kita latih dan perkuat setiap saat dan setiap hari, sbb melalui doa, jawaban Yesus datang dalam kehidupan kita. Yesus memberkati

  3. Pg. Iy setuju tadi setelah 3x saya baca,&saya resapi Tulisan Doa di atas. Serta saya bawa doa sebentar awali saya kerja&.hatiku terasa gemetar,hangat2 gimana gitu .tp setelah itu badanku terasa lbh ringan, hatiku kyk tenang,senang&bersemangat. Thank u GOD&Thank Ko G.
    Gbu.

  4. It’s beautiful praying. It’s coming from authour’s hearth. It’s long but natural. I truly learn from Saat-saat Sakral. Thanks for that Gideon.

Comments are closed.