RAJA PESOLEK

Dahulu kala, ada seorang raja yang sangat pesolek sekali, sang raja suka mengenakan baju-baju mahal,dan baru.Sang Raja tidak pernah mengurusi rakyatnya, apakah rakyatnya sengsara, miskin,raja hanya menghabiskan waktunya untuk jalan-jalan ke tempat-tempat yang Indah,berbelanja baju-baju mahal, bersolek lama-lama didepan cermin memandangi dirinya.

Suatu hari, datanglah dua orang penipu yang sebelumnya sudah mendengar tentang raja yang gemar bersolek itu.Mereka menyamar sebagai pembuat baju yang hebat, yang pandai menenun dan membuat baju berkualitas yang sangat bagus, sampai-sampai baju hasi buatannya tidak akan terlihat, kecuali oleh orang-orang pintar.

Ketika raja mendengar hal itu, dia sangat tertarik “Itu bagus, aku bisa tahu siapa saja yang bodoh dan siapa saja yang pintar”,pikirnya.Raja segera memerintahkan para abdi kerajaan untuk memanggil dua orang tersebut dan menyuruh kedua orang tersebut untuk membuatkan baju untuk raja.
Kedua orang tersebut diberi ruangan khusus diistana beserta benang benang emas sesuai dengan permintaan mereka.Ketika mereka diruangan khusus itu mereka hanya duduk santai sambil menikmati hidangan yang disediakan oleh raja,begitu ada orang mereka pura-pura bekerja keras membuat baju pesanan raja.

Beberapa hari kemudian, raja yang tidak sabar segera mengutus menterinya untuk menengok baju istimewa yang sedang dibuat itu.Ketika menteri mengunjungi tempat bekerja para penipu yang menyamar , diapun kebingungan ” Aku tidak melihat apapun disini”,pikirnya.Akan tetapi menteri tidak berani mengatakan atau mengakuinya karena tidak ingin dianggap bodoh. Maka iapun memuji kedua penipu itu dan mengatakan bahwa baju yang mereka buat sangat indah. Setelah menteri itu pergi, para penipu itu terbawa terbahak-bahak ” dasar menteri bodoh, tidak berani mengatakan kebenaran”, kata penipu itu sambil tertawa.

Tak lama kemudian sang raja datang untuk melihat sendiri.Dia berusaha untuk melihat keseluruh ruangan,tapi ia tidak melihat apa-apa.Namun karena tidak ingin dianggap bodoh,rajapun berpura -pura bisa melihat baju istimewa itu dan berkata ” Baju yang sangat indah, beautiful. Aku ingin segera memakainya.”

Keesokan harinya baju itupun dipakai oleh raja untuk acara pawai keliling kota.Kedua penipu itupun berpamitan dengan alasan akan membuatkan baju lagi untuk raja dari kerajaan tetangga. Dan ke dua penipu itu pun tak lupa membawa semua benang emas yang sudah disembunyikan dan juga upah membuat baju yang sangat mahal.

Saat raja memakai baju barunya, ia tetap saja tidak bisa melihat baju itu, dan ia merasa kedinginan.Tapi karena takut dikatakan bodoh,raja itu pun berputar-putar di depan cermin dan mengaggumi baju barunya,walaupun ia tidak melihat baju itu. Semua pengawai kerajaan juga mengatakan bahwa baju itu sangat indah walaupun sebenarnya mereka tidak melihat baju itu, hanya karena tidak ingin dianggap bodoh.

Seluruh rakyat yang datang diacara pawai tersebut sangat terkejut ketika melihat raja muncul dengan tidak mengenakan baju,tetapi mereka juga telah mendengar kabar bahwa baju baru yang spesial itu hanya dapat dilihat oleh orang -orang yang pintar, yang sebelumnya sengaja disebarkan beriita itu oleh kedua penipu yang menyamar.Dan karena tidak ingin dianggap bodoh mereka pun berteriak -teriak memuji sang raja.

Mendadak terdengar suara anak kecil berteriak ” Raja kan tidak pakai baju, raja telanjang!!” apa yang indah?
semua terdiam. Rajapun terdiam dan menyadari bahwa anak kecil tersebut berkata jujur, dan dengan terburu-buru ia berjalan kembali keistana.

____________________________________

Wah-wah, benar-benar Raja yang bodoh.

Tapi seringkali saya jumpai dalam kehidupan sehari-hari, kita tidak berani menyatakan kebenaran, bahkan dengan alasan “Ahhh…saya gak mau cari ribut atau cari masalah !” Sudahkah kita berani berkata benar bahkan ketika hidup kita dipertaruhkan sekalipun? Ataukah kita semakin hari justru semakin hilang ditelan dunia dan tidak pernah lagi menyatakan kebenaran?

Pagi ini, saya akan melayani berkhotbah di Gereja GBT untuk menyampaikan kebenaranNYA. Selamat beribadah dan selamat melayani buat anda sekalian, selamat hari Minggu! Doa saya, anda mengalami sentuhan tangan Tuhan yang memulihkan.

logo_1543818_web

4 thoughts on “RAJA PESOLEK

  1. Good & funny story….^=^
    Itu rajanya narsis kali ya…Hahahaa..
    Ato abis latihan binaraga jadi bugil untuk pamerin perutnya yg ‘six pack’…. Hihihiiii….
    Ya apapun itu, menyatakan kebenaran baik secara langsung atau tidak, memang diperlukan tapi tidak usah sampai berlebihan & kelewat batas…. Lebih baik dibawa di dalam doa, perhadapkan kepada Tuhan itu juga sebagai cermin bagi diri sendiri supaya tidak merasa benar sendiri sehingga tanpa sadar jadi sombong & menghakimi orang lain..
    Biarlah Tuhan yg Maha Tahu itu yang mengkoreksi & menyatakan kebenaran itu dg caraNYA. Sedangkan kita minimal tetap melakukan kebenaran tsb dg bimbingan Roh Kudus. Manusia kan tidak ada yang sempurna. Hanya Tuhan saja yang sempurna. Sebab Tuhan Yesus Kristus yg kita sembah adalah Tuhan di atas segala Tuhan, Hakim di atas segala hakim, Guru di atas segala guru, Nama di atas segala nama, Raja di atas segala raja, serta DIA Tuhan yg tidak pernah salah.
    Haleluyah 12x… Praise The Lord.

    May Holy Spirit be with you to lead, guidance & overwhelm while you’re preaching the gospel as well as HIS will. HIS blood cover you & your mom. And you become less but Christ Jesus become more, bigger..
    Glorify Thy name!

    Have a blessed sunday by Holy Spirit power, love & strength.
    ⌣»̶·̵̭̌·✽τнänκ чöü✽·̵·̵̭̌«̶⌣
    Jesus Loves YouuuuUU….

  2. Pagi Kisah yg bagus.&mengelitiku.
    Iy.Terkadang kita bersikap seperti Si Raja&Para pegawai serta rakyat.”Di mana utk menutupi Gangsi .kita tahu itu salah atou tdk benar bahkan Itu
    Tahu dosa.tetap saja di langgar,di lakukan.baru bila terjadi sesuatu baru kita nangis2 &minta ampun pd Tuhan.Tp Tuhan itu Maha Pengampun ,Penggasih&Maha Adil.Selalu menyertai Kita Semua.Mari kita bersama2 Belajar kembali dtg Kpd Tuhan.jgn Malu,jgn takut utk Mengaku berlutut pd DIA.Met beribadah,met hari minggu Teman.Gbu all
    Thank u Ko Gi.ats kisahnya.
    Met melayani Tuhan.Tetaplah tersenyum.Semangat7x.
    Doaku Bersertamu.Gbu

  3. Honesty. It needs a courage and a brave heart to be able to apply and have this quatity. Many of us can do it. It’s not complicated at all. And when we are trying to be honest to others, the result of being honest isn’t always disappointed. I think it’s the opposite. We can get many good lucks from being honest. p.s Good luck for your sunday preach and thanks for your prayers for us Gideon. It’s a good support.

Comments are closed.