PRAMUGARI

Sahabatku itu menangis sambil memelukku erat sambil membenamkan kepalanya kedadaku. Aku ikut meneteskan air mata sambil berucap :

“Tabahkan hatimu Esdine”, Kuseka air matanya dengan tissue, sudahlah ,jangan larut dalam kesedihan terus. Kita ambil jalan keluar atas kesulitan yang kau hadapi, aku memberinya semangat. ”

Saya dan Esdine bekerja sebagai pramugari disebuah penerbangan domestik. Karena sering bertemu dalam pesawat, maka hubungan kami semakin akrab saja. Sebagai pramugari, kami dibekali cara-cara pelayanan yang memuaskan para penumpang. Lima tahun kami bersama-sama mengalami suka-duka dalam penerbangan domestik.

Selama itu, kami mengenal banyak para pilot yang sering ikut bersama kami. Esdine yang memiliki alis mata yang lentik terlihat sangat cantik. Tubuhnya tinggi semampai dan jalannya yang anggun banyak membuat pria tergila-gila kepadanya.

Diantara para pilot itu ada yang bernama Wiyono. Dia pendiam, tetapi sangat perhatian kepada Esdine. Sebagai orang Jawa yang selalu diajari tatakrama yang sopan, boleh dikatakan Wiyono tidak pernah melukai hati Esdine melalui perkataan maupun sikap. Wiyono sering memberikan souvenir bagi Esdine bila dia habis menerbangkan pesawatnya ke berbagai daerah. Dengan sikap yang penuh perhatian selalu dari Wiyono, Esdinepun tertarik dan jatuh hati juga melihatnya.

Suatu ketika pada saat penerbangan ke Ujung Pandang pihak mangement maskapai penerbangan Garuda memilih Wiyono sebagai pilotnya dan Esdine ikut serta sebagai stewardes. Hati mereka berbunga-bunga karena mereka boleh sama-sama berada di satu pesawat. Pada saat pesawat dalam ketinggian 6000 kaki dan Esdine sdh selesai melakukan peragaan bagi penumpang, Wiyono memanggil Esdine untuk menghampirinya.

Esdine dengan langkah yang anggun menghampiri Wiyono dan bertanya: ” Ada apa mas Wi?”

Duduklah disampingku, aku mau mengatakan sesuatu kepadamu.

Wiyono mendekatkan mulutnya ketelinga Esdine dan bebisik:”Abdi bogo kaajin Esdine”,

apaan tuh mas artinya?..

Kulo Cinta sama Esdine.

Ah.. Mas ini ada-ada saja..

Esdine tersenyum manis. Mata mereka berdua saling menatap dan Wiyonopun memegang bahu Esdine dan mencium dahinya sebagai tanda cinta.

Mulai peristiwa indah diatas pesawat itu, hubungan kasih mereka makin erat, dan mereka bermaksud melanjutkannya ke pernikahan. Sepertinya tidak ada lagi yang dapat memisahkan mereka berdua.

Dua minggu sebelum pernikahan mereka, Wiyono mendapat tugas menerbangkan pesawat terbang ke Timika. Hari nas itupun datang, pesawatnya mendapatkan kecelakaan di hutan belantara Timika. Berita kecelakaan segera diterima bahwa pilot pesawat ikut tewas.

Mendengar berita ini Esdine langsung menghubungi kantor penerbangan dan benar Wiyono sang kekasihnya ikut tewas. Airmata berderai membasahi kedua pipinya. Esdine sangat berduka karena batal menikah dengan Wiyono. Pada saat cinta mereka berdua bertumbuh subur, maut memutuskan hubungan mereka.

Pupuslah harapannya.

Beberapa bulan setelah peristiwa tersebut, hati Esdine hampa, tidak ada yang dapat mengobati hatinya yang sedih. Dia tidak tahu kepada siapa dia mengadu. Pada saat-saat demikian seorang pilot rekan wiyono bernama Fery datang menghampirinya dan membujuknya agar tidak larut dalam kesedihan.

Pilot ini mampu menghiburnya dan mengisi kekosongan hatinya. Dia terhibur dan terbuai dengan janji-janji yang membesarkan hatinya. Untuk menghilangkan kesepian, Esdine sering diajak berlibur oleh Fery ke tempat-tempat sejuk.

Saya sudah curiga melihat kekompakan mereka. Aku ingin melarang Esdine agar tidak bergaul dengannya. Karena saya tahu si Fery ini adalah laki-laki yang tidak bertanggung jawab. Dia sering selingkuhan dengan pramugari-pramugari yang sudah punya suami. Kasihan sahabatku ini, bila dia mengalami kepedihan hati lagi dengan si Fery ini. Dugaanku benar, Esdine sudah hamil dua bulan.

” Aku Hamil Lisra oleh Fery. Dia satu-satunya laki-laki yang berhubungan denganku tetapi Fery tidak mengakuinya. Katanya dia mendapat surat kaleng, bahwa bayi yang di perutku ini bukan hasil perbuatannya, tetapi lelaki lain. Dia robek surat itu dihadapanku tanpa menunjukkannya kepadaku.

“Apakah itu tulisan tangannya sendiri?” tanyaku.

Itulah Lis, aku gak tahu, soalnya dia marah-marah dan langsung meninggalkanku. Aku tidak tahu dia berada dimana sekarang, aku bingung tentang masa depan bayiku. Bisakah kamu tolong saya?” Dia menangis sambil memelukku.

Bagaimana kalau digugurkan saja? aku memberi usul untuk mengatasi masalahnya.

” Lis, Aku tidak mau mengugurkannya, ” jawab Esdine.

Aku salut melihat sikap sahabatku ini yang tidak mau mengugurkan janin di rahimnya. Yang kubutuhkan adalah tempat hingga aku melahirkan bayi ini dengan selamat, sahutnya. Akupun merelakan kamarku untuk tempat tinggalnya sementara. Itulah yang dapat kubantu untuk sahabatku ini.

Demikianlah kisah Esdine yang memilukan, tetapi memilih tidak menggugurkan janin di kandungannya.

Pengalaman Esdine adalah cermin bagi para wanita single untuk berhati-hati agar tidak terlalu mudah menerima rayuan-rayuan yang menghanyutkan.

(Tidak Diketahui)

4 thoughts on “PRAMUGARI

  1. Kisah yang inspiratif,bnr sperti kisah di atas..kita harus berhati2 terhadap rayuan2..krn hal2 sperti itulah yg kdg membuat kita berbunga2 tp stlh itu menjerumuskan kita GBU

  2. Pagi.Kisah yg bagus.
    Pramugari yg hebat jd salut tp juga Kasian.
    Dari kisah diatas Kita semua diingatkan Kembali utk bisa Mengendalikan Hawa Nafsu kita ,Mengerti Apa arti Cinta sesungguhnya menurut Firman Tuhan.
    Mari kita bersama2 belajar utk terus Menyandarkan ,berserah hanya pd Tuhan saja.(Tuhan adl sumber Kekuatan )
    Jangan menyerah,Tetap Semangat teman.Gbu all
    Thank u Ko Gi ats kisahnya.met bertugas.Tetaplah tersenyum,tetaplah. Trs melayani Tuhan&berkarya.Semangat7xGbu

  3. To pursue the happiness depend on our choice. And we need holiness to be able to reach our hapiness. Specially, our marriage to be. It needs hard efforts and Lord Jesus to stay holy. And I know that we love Lord Jesus. So Holiness is possible! Amen.

  4. Nice story….^=^
    Cerita di atas seperti cerita-cerita klise jaman sekarang. Memang mencari pelarian sembarangan di saat hati sedang kalut sangat membahayakan diri sendiri sebab pikiran tidak konsentrasi/kosong sehingga mudah dikecohkan dg segala rayuan/kata-kata/ hipnotis(cara kerja hipnotis sama, lebih mudah masuk pd orang yg pikirannya sedang kosong).

    Oleh karena itu sebagai anak-anak Tuhan jika sedang kalut/galau cari hadirat Tuhan/ duduk diam di bawah kaki Tuhan itu lebih baik, aman, tenang, damai bahkan Tuhan turun tangan membereskan.
    Jangan ke tempat-tempat yg membahayakan diri sendiri sebab saat kalut itu logika/akal sehat manusia tidak jalan/macet, sehingga mudah asal ‘tabrak’ saja yg penting untuk menghibur/memuaskan hati yg luka (Lebih baik minta penghiburan dari Roh Kudus). Apalagi di akhir jaman sekarang ini baik pria/wanita bahkan anak-anak sering jadi incaran orang-orang jahat/teman-sahabat bahkan saudara yg bermotivasi negatif seperti untuk perdagangan manusia baik dewasa/anak-anak/bayi, narkoba, judi, barang-barang ilegal, dll. Akhir-akhir ini banyak manusia demi uang menghalalkan segala cara. Jadi harus lebih waspada akan segala sesuatu dg hidup intim bersama Roh Kudus maka DIA yg akan membentengi, bahkan memeritahukan hal-hal yg kita tidak tahu seperti kedalaman hati orang lain (kita tidak mungkin tahu isi hati orang selain Roh Kudus) serta membuat otak kita tidak kosong sehingga tidak mudah dimasuki hal-hal yg bukan dari Tuhan.

    Tindakan Esdine sudah tepat dg tidak menggugurkan janinnya sebab itu termasuk pembunuhan di hadapan Tuhan, meski masih janin itu sudah ada nyawa di dalamnya. Selain itu menunjukkan bertanggung jawab akan segala kesalahan yg terlanjur terjadi dg menanggung segala konsekuensinya. Sedangkan Fery sendiri pasti nantinya juga akan menuai segala perbuatannya yg seenaknya/ tidak senonoh/tidak bertanggung-jawab itu. Tidak ada manusia di kolong langit ini yg bisa lari dari hadapan Tuhan. Tuhan pasti kejar apapun perbuatannya contohnya seperti Yunus itu. Sebab Tuhan Yesus adalah Hakim Agung yg Maha Adil & Maha Kuasa. Dengan cepat bertobat itu lebih baik daripada harus dihajar Tuhan terlebih dahulu (sebisanya tidak perlu masuk perut ikan lebih dahulu).
    Jadi pergunakanlah segala kesempatan yg Tuhan berikan selama kita hidup di dunia sebaik-baiknya dg hidup takut akan Tuhan, taat akan perintahNYA, setia padaNYA sampai akhir & senangkan hatiNYA itu bekal untuk kehidupan kekal mendatang. Prakteknya tidak mudah memang tapi Tuhan lihat usaha kita itu bagaimana dalam mengejar perkenananNYA.
    Hidup di dunia itu cuma sementara jadi jangan terbuai dg segala kemasan luar yg memang dibuat dunia jd sangat menarik, memukau & memabukkan.
    Be Alert, Awake & Careful by Holy Spirit helps…
    All by HIS grace only for the glory of God.
    Haleluyah12x

    Have a blessed thursday night, sleeping well & sweet dream.
    ⌣»̶·̵̭̌·✽τнänκ чöü✽·̵·̵̭̌«̶⌣
    Jesus Loves YouuuU

Comments are closed.