PATUNG MICHAELANGELO

Suatu ketika, Michaelangelo, seorang seniman terkenal, dikunjungi oleh temannya. Setelah berbicara panjang lebar, sang teman bertanya kepada sang maestro tentang patung yang sudah lama dikerjakannya.

“Patung itu sudah selesai, ‘kan?” tanya temannya.

“Oh, belum. Saya masih menyempurnakan garis wajahnya, memperbaiki otot kaki, memoles bagian dada, dan mempertajam garis matanya,” jawab Michaelangelo.

“Tapi, itu semua hanya hal-hal kecil,” kata sang teman.

“Memang benar, tetapi jika hal-hal kecil tersebut menghasilkan kesempurnaan, maka menjadi jelas bahwa kesempurnaan bukanlah hal yang kecil,” jawab Michaelangelo.

Michaelangelo selalu berusaha mempersembahkan yang terbaik lewat karya-karyanya. Ia tidak asal bekerja, tetapi memperhatikan kualitas pekerjaannya. Zig Ziglar, motivator kondang, pernah berkata, “Jika Anda selalu mempersembahkan usaha yang terbaik, hal itu akan menjadikan Anda seorang pemenang.”

_____________________________

Terkadang kita memang meremehkan hal-hal kecil yang biasanya kita abaikan dan malas untuk mengerjakannya. “Ah itu kan kecil, buat apa terlalu dipikirin ?” Padahal hal-hal besar yang sempurna juga dibangun dari hal-hal kecil yang sekalipun remeh tapi berakibat fatal juga kalau kita abaikan. Mari teman kita curahkan sepenuhnya fokus kita pada setiap hal yang kita kerjakan, bahkan untuk hal kecil.

Mari kita belajar melakukan yang terbaik, melakukannya seperti untuk Tuhan, dan bukan untuk manusia.  Saya percaya, saat kita memberikan yang terbaik untuk orang-orang di sekitar kita, hasil yang terbaik pulalah yang akan kita peroleh.

logo