Minum Kopi Malah Bikin Stress!

Wih kok kayaknya enak ya kopimu?

@mamagideonyusdianto sedang melirik ke kopi Arabica dari Jawa Barat yang sedang saya minum di @caturraespresso Kupang Indah Surabaya.

Mama bilang dari baunya saja udah mantep tuh kopi. Cuma karena masalah lambung, beliau gak bisa minum kopi.

Emang sih, zat kafein di dalam kopi itu bisa membuat asam lambung jadi naik. Tapi setidaknya zat kafein bisa ditekan dalam proses penyajian kopi, mulai dari biji kopi sampai diseduh.

Makanya toh, stop minum kopi guntingan. Minum kopi yang gilingan!

Puji Tuhan! Saya tidak pernah ada masalah dalam lambung hingga saat ini.

Sebenarnya ya, bukan kopi atau suka telat makan loh penyebab penyakit lambung!  Itu pencetusnya saja.

Penyebabnya adalah kuman Helicobacter Pylori. Hanya bisa diketahui keberadaannya dengan endoskopi.

Apa itu endoskopi
Sederhananya, selang lunak disertai dengan kamera di ujung, dimasukkan dari mulut menuju ke lambung Anda. Nah disitu kuman-kuman  H Pylori akan ber-selfi ria.

Tenang saja! Bisa diberantas dengan minum 2 jenis antibiotik, yaitu Amoxicylin dan Clarithromycin, rutin minim selama 2 minggu. Wuzzz, udah kayak dokter aja ya saya!

Hahaha…Lha gimana, saya jadi banyak tahu tentang penyakit maag, ya dari kasus Mama saya. 

Tapi, di atas semuanya itu, gangguan lambung lebih banyak ke masalah psikosomatis. Cemas, terlalu banyak pikiran, dan menyimpan kegeraman bahkan kepahitan yang tak terselesaikan. Itu sih yang terjadi dalam proses konseling.

Jenis seperti ini hanya bisa disembuhkan dengan banyak berdoa, banyak bersyukur, dan banyak mengampuni kesalahan orang lain kepada kita.

Bukankah itu yang diajarkan oleh Tuhan? Ya nggak!
So, just do it and you will be healed. Amen!

Ada juga yang bilang, “Waduh, jangan minum kopi, ntar insomnia alias susah tidur!”
Benarkah begitu?

Begini.
Kafein bekerja sebagai stimulan yang bekerja sebagai adenosine receptor antagonist.
Terus yang namanya Adenosine, itu adalah  senyawa dalam tubuh yang membuat Anda ngantuk.

Makanya, kafein menghambat kerja adenosine receptor dalam tubuh sehingga membuat Anda terhindar dari rasa ngantuk.

Tapi, lagi-lagi bukan itu penyebab terbesar orang jadi susah tidur! Saya ini gak pernah kuatir juga minum kopi di malam hari. Bisa tidur pulas juga kok!

Kan tadi saya bilang, kalau Anda minum kopi digiling, kadar kafein itu juga bisa diturunkan kok lewat proses-proses yang ada.

Penyebab utama dan terbesar orang kagak bisa tidur adalah kecemasan yang berlebihan, sampai jadi beban pikiran yang beraaaaat banget!

Seolah-olah kayak kita mampu aja memikirkan dan menanggungnya. Pantesan melek (terjaga) terus sampai larut malam!

Kalau Anda susah tidur karena ini, ayoooo… serahkan beban itu pada kehendakNya. Tuhan yang lebih expert kan untuk menyelesaikannya  Yang penting kita udah berusaha maksimal, atau dalam Bahasa Jawa, wes jedog puoool kan?!

Banyak dengar musik-musik teduh di malam hari, relax, itu hanya membantu saja. Yang terutama, mari hadapi kenyataan sepahit apa pun. Kemudian, banyak berserah dan bersyukur, setidaknya buat penyertaan Tuhan yang tetap ada buat kita.

Sebab itu, janganlah kuatir akan hari esok, karena hari esok mempunyai kekuatirannya sendiri. Kesusahan sehari, cukuplah untuk sehari.

 

Gideon Yusdianto
Instagram @61d30n