MERAK DAN GAGAK

Seekor gagak sangat sedih karena ia tidak mempunyai teman. Ia bertemu beberapa burung dan meminta mereka untuk menjadi teman-temannya.

Tapi mereka menyuruhnya pergi, menghinanya, dan mengatakan bahwa ia tidak memiliki keindahan dan kasih karunia. Lalu gagak pergi. Kemudian ia melihat burung merak sedang menari dan mengulangi permintaannya. Tapi merak dengan sombong menertawakannya dan menyuruhnya pergi. Merak mengatakan kepadanya bahwa ia tidak berhak untuk bersahabat dengan merak yang merupakan burung paling indah dan penari berbakat di hutan itu.

Sambil mencemooh, burung merak itu berkata kepada burung gagak, “Kau kecil dan jelek dengan suara ofensif, gerakan canggung, dan perilaku buruk. Kau selalu memulung makanan di tempat sampah dan daging busuk. Beraninya kau mendekatiku?” Tambahnya dengan sombong, “Lihatlah betapa saya elegan, terurai, besar, dengan bulu yang indah dan eksotis, serta ekor berwarna-warni. Saya mengagumi keindahan dan anugerah serta keterampilan yang sangat baik saat menari. Pergilah dariku!”

Di lain hari, gagak merasa sedih, duduk sendirian di pohon. Tiba-tiba ia melihat seorang pemburu mengarahkan senapannya ke arah burung merak yang sedang duduk di pohon lain. Saat pemburu itu hendak menekan pelatuk, burung gagak terbang melawan senapan lalu terbang lagi mencari selamat. Karena senapannya terganggu, pemburu itu kehilangan sasarannya. Merak terselamatkan oleh bantuan dari gagak yang tepat waktu.

Kemudian merak datang menemui burung gagak dan mengucapkan terima kasih karena telah menyelamatkan nyawanya. Mendengar kejadian ini, semua burung dan beberapa hewan menerima gagak sebagai sahabat mereka. Ia menjadi pahlawan mereka. Mereka belajar bahwa jasa seseorang tidak bisa dinilai dengan penampilannya.

________________________________________________

Seperti halnya gagak malang dalam kisah tersebut, semua orang layak untuk diakui, dihormati, dan dicintai. Setiap orang memiliki nilai sendiri dan tidak harus dinilai dari penampilan luarnya. Prasangka, diskriminasi, rasisme, dan penilaian dari penampilan luar telah melanda umat manusia selama berabad-abad. Penilaian bias tersebut tidak mencerminkan kebenaran atau kenyataan. Tuhan saja tidak memihak atau pilih kasih. Kita harus menggunakan interpretasi cerdas dan hanya memberikan penilaian untuk sampai pada kesimpulan yang masuk akal dan keputusan yang bijaksana.

Fred Smith, pendiri FedEx, pernah mengatakan, “Kerendahan hati tidak menyangkal kekuatan yang Anda miliki. Hal ini menyadari bahwa kekuatan datang melalui Anda, bukan dari Anda.” Kerendahan hati adalah kualitas yang aneh. Saat orang berpikir ia memiliki itu, ia kehilangan itu!

4 Replies to “MERAK DAN GAGAK”

  1. Good story….. ^=^
    Tuhan menghendaki kita memiliki buah-buah roh dan sikap hati yang benar seturut kehendakNYA. Dan semua itu butuh proses & pembelajaran dariNYA.
    Oleh karena itu hidup takut akan DIA, ketaatan akan segala perintahNYA, rajin membaca merenungkan FirmanNYA, intim dengan Roh Kudus, setia fokus kepadaNYA, berjuang belajar hidup dalam kebenaranNYA akan sangat membantu kita menuju menjadi ciptaan baru yang berkenan di hadapanNYA.
    Sebab semua apa yang kita capai & dapatkan itu hanya oleh anugerahNYA saja bukan karena kuat & gagah kita, untuk kemuliaan nama Yesus Kristus Tuhan. Amin.
    Haleluyah 12x.

    Have a blessed thursday by HIS endless love.
    *****Thank you*****
    Jesus Christ Loves You Lotsss….

  2. Pagi.Kisah yg bagus banget
    Si burung gagak memiliki Hati penuh kasih ia
    tdk memiliki hati yg dendam&Cuek. pastinya si burung merek sdh mati di tembak oleh pemburu.
    Mari kita bersama2 belajar utk memiliki hati yg mau mengampuni.Memiliki Hati yg Bersyukur.memiliki hati yg. Tetap mau Berserah&Percaya hanya pd Tuhan saja.
    Manusia boleh melihat secara Fisik& Perilaku.Tp Tuhan jauh lebih Melihat Ketulusan Hati .
    Tuhan itu KASIH.Tuhan itu Maha ADIL.Tuhan itu Maha Tahu.Tuhan Itu Maha KuAsa.Tuhan itu Maha Mujizat. .
    Thank u Ko Gi.atas Kisahnya.Met bertugas.Tetaplah tersenyum.Tetaplah trs berkarya serta Melayani Tuhan.Jgn menyerah.Tetap jaga kesehatan. Semangat7x.Gbu

  3. Every person has his or her unique personality, ability and creativity. No one can underestimate him or her except he or she allows it happened. Maybe we are hurt by an arrogant person but it can’t effect for us as long as we don’t take it personally. There are a lot of persons who are sweet and kind to us. So it’s a beautiful life.

Comments are closed.