MENGUBAH HIDUP

Namanya Ny.Thompson. Ia berdiri di depan ruang kelas 5, pada hari pertama tahun pengajaran, dan berbohong kepada murid-muridnya.

Seperti kebanyakan pengajar, ia memandang ke seluruh murid dan berkata bahwa ia memperhatikan seluruh murid dengan adil. Tetapi hal itu tidak mungkin, karena di barisan depan, ada seorang anak yang duduk dengan menggelesot namanya Teddy Stoddard.

Ny.Thompson sudah mengawasi Teddy setahun sebelumnya dan ia memperhatikan bahwa dia tidak bisa bermain dengan baik dengan anak-anak yang lain karena bajunya morat marit dan terlihat selalu perlu untuk dimandikan. Dan Teddy bisa jadi tidak suka. Itu semua mendapat penilaian, dimana Ny.Thompson kenyataannya akan memberikan tanda khusus di laporan Teddy dengan tinta merah besar, membuat X tebal dan memberi tanda F besar di atas kertas laporan Teddy.

Di sekolah tempat Ny.Thompson mengajar, ia diminta untuk melihat ulang catatan murid-muridnya di tahun sebelumnya, dan ia membiarkan cacatan Teddy di giliran terakhir. Saat membaca catatan Teddy ia terkejut.

Guru kelas satu Teddy menulis, Teddy adalah anak yang cemerlang dan ceria. Ia mengerjakan perkerjaannya dengan rapi dan memiliki hal-hal yang baik. Ia membawa kegembiraan bagi sekitarnya.

Guru kelas duanya menulis, Teddy adalah murid yang sempurna, sangat disukai oleh seluruh temannya, tetapi ia terganggu karena ibunya sakit stroke dan untuk tinggal di rumah adalah suatu perjuangan bagi Teddy.

Guru kelas tiganya menulis, ia mendengar kematian ibunya. Ia berusaha untuk melakukan yang terbaik, tetapi ayahnya tidak menunjukkan ketertarikannya dan kehidupan di rumah akan segera mempengaruhinya jika tidak ada langkah-langkah yang dilakukan.

Guru kelas empat Teddy menulis, Teddy menjadi mundur dan tidak tertarik ke sekolah. Ia tidak punya banyak teman dan terkadang tertidur di kelas.

Setelah itu, Ny.Thompson menyadari masalahnya dan dia malu terhadap dirinya sendiri. Ia merasa tidak enak ketika murid-muridnya membawa hadiah natal, dibungkus dengan pita-pita yang indah dan kertas yang menyala, kecuali pemberian Teddy. Hadiah dari Teddy kumal bentuknya dan dibungkus dengan kertas coklat yang diambil dari tas belanja.

Ny.Thompson dengan terharu membuka kado Tedy ditengah-tengah kado yang lain. Anak-anak mulai tertawa saat ia menemukan gelang batu dimana beberapa batunya hilang, dan sebuah botol yang berisi parfum setengahnya.

Tetapi ia menyuruh murid-muridnya diam dan menyatakan bahwa gelang pemberian Teddy sangat indah, serta mengoleskan parfum di pergelangan tangannya.

Setelah sekolah usai, Teddy Stoddard tetap tinggal, menunggu cukup lama untuk mengatakan, Ny.Thompson, hari ini bau wangi anda seperti ibu saya. Setelah murid-muridnya pergi, Ny.Thompson menangis hampir selama satu jam. Hari berikutnya Ny.Thompson berhenti untuk mengajar membaca, menulis dan aritmatika. Sebagai gantinya ia mulai mengajar anak didiknya.

Ny.Thompson memberi perhatian khusus kapada Teddy. Selama bekerja dengannya, pikiran Teddy mulai hidup. Semakin ia mendorong Teddy, semakin cepat Teddy memberikan tanggapan.

Di akhir tahun, Teddy menjadi anak terpandai di kelas, akan tetapi Ny.Thompson jadi berbohong dengan mengatakan bahwa ia akan memperhatikan murid-muridnya secara adil, karena Teddy telah menjadi murid kesayangannya.

Satu tahun berlalu, Ny.Thompson menemukan sebuah surat dibawah pintu, dari Teddy, yang mengatakan bahwa ia adalah guru terbaik yang pernah dimiliki sepanjang hidupnya.

Enam tahun berlalu sebelum ia menerima surat yang lain dari Teddy. Ia menulis sudah menamatkan SMU, ranking tiga di kelas, dan Ny.Thompson tetap guru terbaik yang pernah dimiliki sepanjang hidupnya.

Empat tahun berikutnya, ia menerima surat yang lain, mengatakan bahwa saat orang memikirkan banyak hal, ia tetap tinggal di sekolah dan mempertahankannya, dan segera lulus dari akademi dengan penghargaan tertinggi. Dia meyakinkan Ny.Thompson, bahwa dia tetap guru yang disukai dan paling baik yang pernah dimiliki sepanjang hidupnya.

Kemudian empat tahun berlalu dan surat yang lain datang lagi. Saat ini dia menjelaskan setelah menyelesaikan gelar sarjananya, dia memutuskan untuk melanjutkan sedikit lagi. Surat itu menjelaskan bahwa Ny.Thompson tetap guru yang disukai dan paling baik yang pernah dimiliki sepanjang hidupnya. Tetapi namanya telah sedikit lebih panjang surat ditanda tangani oleh Theodore F.Stoddard,MD.

Kisahnya tidak berakhir disini. Masih ada surat lagi pada musin semi itu. Teddy berkata bahwa ia bertemu dengan seorang gadis dan merencanakan untuk menikah. Ia mengatakan bahwa ayahnya telah meninggal beberapa tahun yang lalu dan dia berharap Ny.Thompson bersedia duduk di kursi yang biasanya disediakan untuk ibu pengantin. Tentu saja Ny.Thompson bersedia.

Dan coba tebak apa berikutnya? Ny.Thompson mengenakan gelang batu dimana beberapa batunya telah hilang. Dan ia memastikan memakai parfum yang diingat Teddy dipakai ibunya pada Natal sebelumnya bersama-sama.

Mereka berpelukan, dan Dr.Stoddard berbisik di telinga Ny.Thompson, “Terima kasih Ny. Thompson, anda mempercayai saya. Terima kasih karena sudah membuat saya merasa begitu penting dan memperlihatkan bahwa saya dapat membuat perubahan.”

Ny.Thompson dengan air mata berlinang, balik berbisik. Ia berkata, “Teddy, semua yang kamu katakan keliru. Kamu adalah orang yang telah mengajari bahwa aku dapat membuat perubahan. Aku sungguh-sungguh tidak tahu bagaimana caranya mengajar sampai bertemu denganmu.”

“Tolong ingatlah bahwa kemana pun kamu pergi, apa pun yang kamu lakukan, kamu akan punya kesempatan untuk menyentuh atau merubah diri seseorang”.

__________________________________________________
“Teman adalah malaikat yang mengangkat kita ke atas kaki kita, saat sayap kita bermasalah untuk mengingat bagaimana caranya terbang.”

(Tidak Diketahui)

5 thoughts on “MENGUBAH HIDUP

  1. Pagi.kisah yg bagus thank
    Apa pun yg kita kerjakan lakukanlah semuanya dgn Hati senang&bersemangat walau mungkin di hatimu sedang sedih.Tp Percayalah Bersama Tuhan kita bs ,mampu& mendapatkan solusi setiap pergumulan kita, permasalahan kita Krn Tuhan sumber Kekuatan.
    Apa pun yg kita kerjakan lakukan bila didasari Takut dgn Tuhan serta di mulai dgn Tujuan yg Tulus pasti akan berdampak Positif& membawa perubahan bagi seseorang.dan sebaliknya.bila di awali dgn tujuan atou motivasi yg kurang baik maka hasil Akhirinya pun adl KeGAGALAN,mungkin juga kita akn merasa Malu.Oleh krn itu Mari kita bersama2 belajar utk terus berusaha bisa Memiliki Hati Bersyukur&Memilik motivasi yg baik atou positif bersama Tuhan.Semangat Teman.Gbu all
    Thank u Ko Gi ats kisahnya.met bertugas&Semangat7x Gbu

  2. Bnar bangat ! Orang sekitar kita yg dekat dg kita , teman , sahabat , ato orang yg peduli dgn kita , mereka punya andil dalam kesuksesan kita memang hidup bukan u diri sendiri tapi juga u orang lain dan sesama. T YESUS berkati karya n kerjany

  3. What you sow, you reap. Hau i you hau pau means Good deeds will get good either. It’s Lord jesus’ simple words for daily guidance that are very well known by many people. And it’s powerful. It’s inspiring for me to be better again. Thank you Gideon for the story. Gbu.

  4. Meaningful story….^=^
    Yang terutama dapat mengubah hidup/nasib orang itu hanya Tuhan Yesus Kristus, Sang Pencipta itu. Bagian manusia cuma responi (=bertindak dg sungguh), percaya, taat, takut & setia akan Tuhan sampai akhir. Sedangkan individu lain hanya sebagai pelengkap/pembantu/jembatan saja.
    Sebenarnya pengertian adil itu bukan berarti semua diberi sesuatu dg takaran yg sama. Melainkan diberikan sesuatu sesuai kapasitas/kebutuhan dia. Misal ada 2 anak yg sama usia tp beda nilai kesehatannya, dimana yg satu bisa makan menghabiskan 1 piring nasi dg lauk 1 paha ayam, sedangkan yg satunya dikarenakan fungsi kesehatannya terganggu maka dia hanya bisa mengkonsumsi 1/2 piring nasi & lauk 1/2 paha ayam saja, jika diberi lebih maka akan muntah/sakit. Tapi memperlakukan seperti ini bukan berarti tidak adil kan… Sebab jika disama ratakan perlakuannya malah akan merugikan bahkan bisa membahayakan nyawa si anak yg kondisi kesehatannya terganggu tsb.
    Oleh krn itu kenapa alasan Tuhan memberikan takaran talenta/kepercayaan yg berbeda-beda kepada anak-anakNYA, ada yg cuma 1 talenta/mina, ada yg 5 talenta/mina/, &ada yg 10 talenta/mina. Sebab pemberian Tuhan itu sudah diukurNYA sesuai kemampuan/ kapasitas masing-masing individu itu yg berbeda-beda.
    Tuhan tidak ingin kepercayaan/berkat yg besar itu yg diberikan malah jadi merusak individu itu sendiri seperti menjadi tamak/serakah, jauh dari Tuhan, sombong/merasa tidak butuh Tuhan, dll.

    Jadi apa yg dilakukan bu guru ny. Thompson itu sudah adil&tepat. Sehingga hasilnya pun Teddy jadi bisa dipulihkan dari keadaannya yg terpuruk dikarenakan menghadapi situasi keluarga yg mengganggu jiwanya, dikuatkan kembali dari stres/depresi oleh perhatian lebih bu guru ny. Thompson sehingga mengembalikan semangat Teddy, & bertumbuh lebih baik karena jadi hidup penuh optimis sehingga terjadi perubahan nasibnya menjadi orang top dunia. Kemudian Teddy pun tidak melupakan jasa bu guru ny. Thompson tsb sehingga menganggap seperti ibunya sendiri..
    Praise The Lord!

    Memang memulihkan jiwa seseorang itu tidak semudah membalikkan telapak tangan, selain selalu butuh campur tangan Roh Kudus jg perlu penanganan khusus seperti berdoa lebih, kesabaran lebih , ketelatenan lebih, ketenangan lebih, kreatifitas lebih, waktu lebih, kejelian lebih, dll.

    Oleh karena itu semua anak-anak Tuhan diberi ladang yg berbeda-beda sesuai kepasitasnya seperti yg fasih lidah ya disuruh kotbah di mimbar, yg pendiam/betah duduk lama disuru jd pendoa, yg sabar& telaten disuru jd konselor, yg kebapakan disuruh jd gembala, yg suka memberitahu orang lain disuruh jd guru/mengajar, yg punya suara merdu disuruh tampil jd pemuji(singer/worship leader), yg ahli main alat-alat musik disuruh jd pemusik, dll. Nah baru setelah bisa dipercaya maka akan Tuhan tambahkan lagi talenta/berkat yg lain lagi sehingga meningkat predikatnya & dapat menyenangkan hati Tuhan serta memuliakan namaNYA karena tidak untuk kebanggaan diri sendiri; karena semua itu dari Tuhan, oleh Tuhan & untuk Tuhan. Kadang anak-anak Tuhan diijinkan alami perlakuan ketidakadilan untuk suatu proses saja, dimana setelah lulus maka dikembalikan berkali lipat seperti Ayub. Tapi jangan lupa semakin diberi kepercayaan lebih akan diminta Tuhan pertanggungjawaban yg lebih pula, begitupun sebaliknya. Jadi ga keenakan jika diberi lebih, sebaliknya ga perlu marah/minder jika diberi sedikit. Semua sudah Tuhan ukur, jadi disyukuri saja & dijalankan dg benar sesuai tuntunan Roh Kudus. Sebab semua itu hanya alat untuk kita bisa belajar banyak hal selama sekolah kehidupan di dunia & dpt menjadi ciptaan baru seperti yg Tuhan kehendaki.
    Haleluyah12x

    Have a blessed wednesday night, take a rest & sweet dream
    ⌣»̶·̵̭̌·✽τнänκ чöü✽·̵·̵̭̌«̶⌣
    Jesus Loves YouuuU so much.
    Best wishes & warm greetings to youu&your mom from me here, pretty far away from Sby if on foot…hahahaaa. Keep praying….. Aminn.

Comments are closed.