MENGAMBIL KEUNTUNGAN

Dahulu kala di desa, seorang pria muncul dan mengumumkan kepada penduduk desa bahwa dia akan membeli monyet seharga $10.

Penduduk desa tahu bahwa ada banyak monyet di hutan mereka. Mereka meninggalkan peternakan mereka di dataran dan pergi ke hutan untuk menangkap mereka.

Pria itu membeli ribuan monyet seharga $ 10.

Seiring pasokan monyet mulai berkurang, penduduk desa berhenti mencari. Menemukan dan menangkap monyet tidak lagi layak untuk usaha sebesar $10.

Mereka mulai kembali ke peternakan mereka untuk menanam tanaman musim semi.

Pria itu kemudian mengumumkan bahwa ia akan membeli monyet seharga $ 20.

Harga baru yang lebih tinggi ini memperbaharui usaha penduduk desa dan mereka kembali ke hutan untuk menemukan dan menangkap monyet lagi untuk dijual.

Ketika persediaan monyet berkurang lebih jauh lagi pada musim panas itu dan orang-orang mulai kembali ke peternakan mereka, khawatir mereka tidak menghasilkan cukup uang dari menjual monyet untuk membeli semua makanan yang mereka butuhkan.

Tapi juga belum menanam tanaman apa pun, pria itu menaikkan harganya. Ia akan membayar monyet sampai $ 25 masing-masing. Perburuan itu terjadi lagi.

Segera persediaan monyet menjadi sangat sedikit sehingga warga desa tidak melihat seekor monyet dalam satu hari berburu apalagi menangkapnya.

Bahkan dengan $ 25 setiap usaha yang mereka lakukan itu tidak menguntungkan sehingga penduduk desa akhirnya kembali ke peternakan mereka yang telah mereka abaikan.

Setelah absen sembilan bulan dari peternakan mereka, mereka tahu sudah waktunya untuk menghasilkan makanan yang cukup untuk musim dingin yang akan datang, tapi setidaknya sekarang mereka memiliki cukup uang hasil menjual monyet untuk membeli makanan.

Tapi pria itu belum selesai. Dia mengumumkan bahwa dia akan membeli monyet seharga $ 50 masing-masing! Penduduk desa menjadi sangat bersemangat.

Dia juga menjelaskan bahwa dia harus pergi ke kota untuk urusan bisnis dan asistennya tinggal di belakang yang akan membeli monyet untuknya.

Begitu pria itu pergi, asistennya berkata kepada penduduk desa.

“Jadi Anda pikir Anda telah menghasilkan banyak uang untuk menjual monyet, bukan? Tapi apakah Anda ingin benar-benar menjadi kaya?”

“Ya, ya!” kata penduduk desa.

Asisten pria itu melanjutkan.

“Saya memiliki kandang raksasa dan besar yang penuh dengan monyet. Saya akan menjualnya kepada Anda hanya dengan $ 35 masing-masing dan ketika pria itu kembali dari kota Anda dapat menjualnya kepadanya seharga $ 50 masing-masing dan menghasilkan keuntungan yang banyak. Anda bahkan tidak perlu bekerja untuk menemukan monyet sama sekali. Maka Anda tidak hanya bisa membeli semua makanan yang Anda butuhkan untuk musim dingin ini, tetapi Anda juga bisa membeli TV panel datar.”

Penduduk desa sangat senang. Mereka mengumpulkan semua simpanan mereka bersama dan membeli semua monyet di kandang asisten kemudian menunggu kembalinya pria itu.

Mereka tidak pernah melihat pria atau asistennya itu lagi. Semua monyet yang dulu ada di hutan sekarang berada di desa. Dan Semua tabungan warga hilang.