KEKUATAN

Seorang anak laki-laki dan ayahnya sedang berjalan di sepanjang jalan hutan. Di beberapa titik, mereka menemui batang pohon besar yang menghalangi jalan mereka.

Anak itu bertanya pada ayahnya, “Jika saya mencoba, apakah Ayah pikir saya bisa menggeser batang pohon itu?

Jawab Ayahnya, “Saya yakin kau bisa, jika engkau menggunakan semua kekuatanmu.

Anak laki-laki itu mencoba yang terbaik untuk mengangkat atau mendorong batang pohon, tapi ia tidak cukup kuat dan ia tidak bisa bergerak.

Anak laki-laki dengan kecewa berkata, “Ayah salah. Saya bahkan tidak bisa menggerakkannya.”

Coba lagi,” kata ayahnya.

Sekali lagi, anak itu berusaha keras untuk mendorong batang pohon. Dia berjuang tapi batang pohon itu tidak bergerak.

Ayah, saya tidak bisa melakukannya,” kata anak laki-laki itu.

Akhirnya ayahnya berkata, “Nak, saya menyarankan kau untuk menggunakan semua kekuatanmu. Kau tidak meminta bantuan Ayah.

___________________________________

Mana ada orang di dunia ini yang terlampau lengkap kekuatan dan kemampuannya, sampai-sampai tidak membutuhkan orang lain untuk membantunya ? Pasti tidak ada !

Coba kita renungkan, saat kita lahir kita pun sudah dalam dekapan orang lain. Orang lain yang menolong dan mengajar kita untuk bertumbuh semakin dewasa.  Tempat kita bertanya, bahkan kita membutuhkan mereka untuk merawat saat kita sakit. Kelak saat meninggal pun kita butuh orang lain untuk memakamkan.

Orang lain menolong kita untuk mencukupkan kebutuhan-kebutuhan hidup kita. Kita membutuhkan orang lain untuk dapat berbagi. Mendengarkan jeritan hati kita. Mengerti pergumulan-pergumulan kita. Menopang saat kita lemah. Bahkan menemani saat kita sendiri.

Kita membutuhkan orang lain untuk memberi kasih sayang kapada kita. Memperhatikan kita, memuji, menyanjung kita, bahkan memberi masukan-masukan yang kita butuhkan.

Jadi, marilah kita bersahabat dan berkomunitas dengan banyak orang, maka semakin besarlah kekuatan kita !

logo