KEKUATAN SEBUAH KESATUAN

Alkisah, ada sekawanan burung merpati yang terbang untuk mencari makanan. Mereka dipimpin oleh raja mereka. Suatu hari, saat telah terbang jauh dan sangat lelah. Raja merpati mendorong mereka untuk terbang sedikit lebih jauh.

Burung merpati terkecil terbang dengan kecepatan maksimal dan menemukan beberapa beras bertebaran di bawah pohon beringin. Maka semua burung merpati mendarat dan mulai makan.

Tiba-tiba sebuah jaring jatuh di atas mereka dan mereka semua terjebak. Mereka melihat seorang pemburu mendekati membawa sebuah sangkar besar. Burung-burung merpati itu dengan putus asa mengepakkan sayap mereka untuk mencoba keluar dari jaring, tapi sia-sia.

Raja punya ide. Ia menyarankan semua burung merpati untuk terbang bersama membawa jaring itu bersama mereka. Ia mengatakan bahwa ada kekuatan dalam kesatuan. Maka, setiap merpati mengambil sebagian jaring dan bersama-sama mereka terbang membawa jaring itu. Pemburu itu mendongak takjub.

Dia mencoba mengikuti mereka, tapi mereka terbang tinggi di atas perbukitan dan lembah. Mereka terbang ke sebuah bukit dekat sebuah kota kuil dimana tinggal seekor tikus yang bisa membantu mereka. Tikus itu adalah teman sejati raja merpati.

Saat tikus mendengar suara keras mendekat, ia bersembunyi. Raja merpati dengan lembut memanggilnya. Seketika tikus itu senang melihatnya. Raja merpati itu menjelaskan bahwa mereka terjebak dalam perangkap dan membutuhkan bantuan tikus untuk menggerogoti jaring dengan giginya dan membebaskan mereka.

Tikus setuju, lalu mengatakan bahwa ia akan membebaskan raja terlebih dahulu. Raja bersikeras bahwa tikus itu harus membebaskan rakyatnya terlebih dahulu dan raja yang terakhir. Tikus memahami perasaan raja dan memenuhi keinginannya. Ia mulai memotong jaring dan satu per satu merpati dibebaskan termasuk raja merpati.

Burung-burung merpati itu mengucapkan terima kasih pada tikus dan terbang bersama, bersatu dalam kekuatan mereka.

Demikianlah. Bila kita bekerja sama, maka kita akan lebih kuat.