KEKUATAN IBU

Obat terbaik dari penyakit apapun adalah cinta. Sesakit apapun tubuh seseorang, selama ada orang yang menggandeng tangannya dengan cinta dan harapan, dia akan lebih mudah menghadapi masa-masa sulitnya. Kisah ini datang dari seorang ibu di Dublin, dia tak memiliki impian muluk pada sisa hidupnya. Satu hal yang membuatnya kuat menghadapi kanker payudara, yaitu datang ke pernikahan anak laki-lakinya.

Mary Ann (61 tahun) adalah seorang wanita yang sedang berjuang melawan kanker payudara dalam tubuhnya. Tiga tahun sudah Mary berjuang, dia tidak pernah menyerah. Walaupun tahu penyakit ini bisa mengambil nyawanya kapan saja, Mary punya keinginan kuat untuk sembuh, karena dia sangat ingin hadir di pesta pernikahan anak laki-lakinya, Ryan Manning.
1
Keharuan Mary saat berdansa dengan Ryan | Foto: copyright ktvu.com

“Dia tidak peduli bagaimana caranya, apapun dilakukan agar bisa datang ke pesta pernikahan itu, walaupun dia harus melakukan kemoterapi lebih banyak,” ujar Kristie, putri Mary.

Keinginan Mary terkabul, Ryan menikah pada tanggal 5 September lalu. Dalam acara pernikahan tersebut, Mary berdansa dengan anak laki-lakinya. Diiringi lagu Somewhere Over The Rainbow, Mary seolah melupakan rasa sakit di tubuhnya.

2
Para tamu banyak yang ikut menangis | Foto: copyright ktvu.com

Dansa dalam pesta pernikahan tersebut menjadi dansa yang tidak biasa, ada perjuangan besar bagi Mary untuk berdiri di sana. Dansa ini menjadi tanda bahwa Mary sudah melepaskan putranya untuk memulai kehidupan baru bersama wanita yang dia cintai. Tidak hanya Ryan dan Mary yang berdansa dalam haru, beberapa tamu undangan tampak menyeka air mata mereka.

Padahal beberapa bulan sebelum pernikahan itu dilangsungkan, kondisi Mary memburuk, dia bahkan harus menggunakan kursi roda. Banyak orang menduga Mary tak akan bertahan lama dan tidak akan bisa datang ke pesta pernikahan putranya. Namun lihatlah kegigihan ibu yang hebat ini. Dia bisa berdiri dari kursi roda dan berjalan saat tanggal pernikahan putranya semakin dekat. Tak sedikit yang heran bagaimana Mary bisa berdansa di acara pernikahan anaknya.
4
Tertawa bahagia seolah tak ada beban di tubuhnya | Foto: copyright ktvu.com

“Hal tersebut sangat emosional, terutama ketika dia bisa berdiri dari kursi roda,” lanjut Kristie. “Menjelang pernikahan, kamu membantunya melakukan segala sesuatu,” ujarnya.

Meninggal 3 Hari Setelah Pesta Pernikahan

Setelah impiannya terkabul, Mary berpulang dalam damai hanya dalam hitungan hari setelah pesta pernikahan anaknya. Pada tanggal 8 September, keluarga ini berduka karena ditinggal oleh seorang yang sangat hebat. Kematian Mary membawa duka yang mendalam bagi anak-anaknya, namun dia sudah memberikan kenangan yang sangat hebat.

“Saya tidak ragu sama sekali bahwa wanita ini sangat kuat. Dia berjuang sangat keras untuk sampai ke titik tersebut,” ujar Ryan.

“Kami memiliki banyak kenangan berharga bersamanya, dan kami sangat senang,” ujar Kristie. “Kami sangat beruntung bisa memanggilnya dengan sebutan ibu,”

__________________________________________________________

Saya terharu sekali membaca kisah ini. Makanya beberapa orang selalu mendesak saya untuk segera menikah mengingat usia mama saya yang sudah lanjut, meski ia sehat-sehat saja sejauh ini.

Seorang ibu bisa lakukan di luar batas kekuatannya demi anaknya. Bayangkan waktu mama kita melahirkan! Saya percaya kalau ditanya dari awal, pasti tidak ada satu pun ibu-ibu di dunia yang akan bilang dia akan kuat dan melahirkan itu tidak sakit. Semua rasa sakit diabaikan, demi anak tentunya.

Belum lagi dalam merawat anak-anaknya stelah lahir hingga dewasa. Saya suka mendengar para mama-mama bilang “Aduh…anakku nakal banget! Sudah gak kuat lagi rasanya mendidik mereka!” Tapi nyatanya tetap kuat dan tetap dipelihara kan anak-anaknya dengan kekuatannya? Lain cerita kalau ia seorang ibu yang tidak waras karena menelantarkan bahkan membuang anaknya.

Sumber kekuatan terbesar seorang wanita adalah anak-anaknya. Peluklah ibumu tak hanya disaat bahagia, tetapi juga di saat dia membutuhkan perhatian yang besar dari engkau. Kapan lagi kita lakukan ini? Sekarang …!

-gideon yusdianto-

5 thoughts on “KEKUATAN IBU

  1. Kisah yg mengharukan..
    Aq loh..tiap hri bkn hanya memeluk ma2ku tapi jg mengkissnya koq OM.
    HeeeHeeHee..|•_•|

  2. Tak sedikit pula / banyak yg bersembunyi d balik kebaikan ” seorang ibu yg terkena penyakit yg mempunyai hati yang sebenar benarnya !! Bahkan ada yg lari dari ƮƱƗƗДƝ dan mencari pacar lamanya untuk berselingkuh ! Padahal oleh suaminya d paksa untuk berobat dan susah nya bukan main !!! Bebal !!! Yg akhirnya memilih kesenangan duniawi drpd mendekatkan diri pd ƮƱƗƗДƝ !!! Dan bener degilnya d restui oleh saudara2nya ! Entah apa motifasi saudara2nya ! Dan memaksa meminta cerai dr suaminya juga banyak fitnahan2 terhadap suaminya ! Bahkan kepada darah dagingnya sendiri / anak2nya tidak sayang. Lebih memilih sayang kepada fish love nya dan saudara2nya. Yaaah mungkin d hujung ajalnya lebih baik d restui kesenangannya ( pengobatan yg salah kaprah ) menjauhkan diri dr ƮƱƗƗДƝ !!!

    1. Cinta adalah hati dari agama-agama, dan agama dari hati. Seorang sahabat saya yang tidak pernah mengenal lelah mencari sebuah jawaban yang amat hakiki tentang apa itu cinta, akhirnya sampai pada sebuah kesimpulan, kita semua manusia jika boleh jujur sesungguhnya dilahirkan sebagai seorang ateis, namun dari orangtua dan pergaulan kitalah yang menjadikan sebagaimana kita di hari ini. Dari sini bagi saya timbul sebuah pertanyaan, jika ada orangtua yang mengajarkan anaknya untuk menyembah leluhur misalnya, saya hanya ingin berpesan bahwa ini dilakukan dengan dasar cinta, terlepas dari baik atau benar menyembah orang yang telah mati. Kekuatan cinta diperdebatkan atau tidak sudah seperti ini, apapun dapat terjadi dalam kehidupan, tetapi kita adalah cinta. Akhir kata bagi sahabat saya tadi, tolong diingat: Kita lahir dari cinta, bertumbuhlah dalam cinta. Dengan pemahaman seperti ini tidaklah berlebihan jika ada pesan indah seperti ini … “Apapun pertanyaannya, cinta jawabnya. Apapun lukanya, cinta penyembuhnya” † Puji Tuhan.

Comments are closed.