KEBURUKAN MENJADI KEBAIKAN

Suatu ketika, Dani mendapatkan PR untuk melukis sebuah tangga. Ia menyelesaikan lukisan itu dengan indah.

Sayangnya ketika hendak membereskan meja, tanpa sengaja tangannya membuat sebuah titik dengan tinta tepat di tengah lukisan. Sementara, waktu sudah tidak memungkinkan untuk menggambar ulang. Dani merasa sangat putus asa dan ingin menangis.

Mendengar keluhannya, sang ayah berkata dengan lembut,

Jangan khawatir, tetesan tinta itu seperti bintik di tubuh seekor anjing kecil. Yang harus kamu lakukan adalah menggambar seekor anjing di sekitar titik hitam itu.

Jangan mudah putus asa, Nak. Sering kali kita hanya membutuhkan sedikit keuletan dan imajinasi untuk mengubah keadaan buruk menjadi baik. Ingatlah, bukan berarti tidak ada harapan seperti kelihatannya sejak awal.“

Dani pun segera menggambar seekor anjing kecil di sekitar titik hitam itu. Keesokan harinya, gambar Dani dipilih sebagai gambar terbaik di kelas.

Lihatlah apa yang dihasilkan oleh daya khayal,” kata sang guru. “Anjing kecil itu justru melengkapi sebuah lukisan yang bagus.

Demikianlah. Bila ada masalah, janganlah cepat putus asa dan menyerah. Duduklah dengan tenang, berdoalah memohon hikmat dari Tuhan untuk dapat memperbaiki keadaan. Mintalah hikmat kepada Tuhan untuk mengubah setiap keburukan menjadi kebaikan. (SD)