KARPET KOTOR

Beberapa tahun lalu ada sebuah peristiwa menarik yang terjadi Universitas Cambridge. Di kapel mereka, di sebuah kamar ada sepotong karpet yang tua, kotor dan perlu diganti. Namun sebelum memutuskan untuk membuang karpet itu, beberapa penelitian dilakukan. Ternyata hasilnya karpet itu adalah karpet yang di buat pada masa Persia kuno. Sangat langka dan berharga, dan selama ini berada di lantai ruangan tanpa ada yang tahu. Mereka makan di atasnya, mengusapkan kaki dan kotoran pada karpet itu, dan memperlakukannya seolah barang tak berharga.

Anda bisa bayangkan perlakuan mereka setelah mengetahui bahwa karpet itu ternyata barang langka dan berharga bukan? Karpet itu tentu dibersihkan dengan kehati-hatian yang tinggi, diberikan tempat khusus, bahkan mungkin dilindungi sehingga tidak rusak.

_____________________________________

Seberapa sering kita hampir melakukan hal serupa dalam kehidupan ini terhadap sesuatu yang tampak tak menarik, tua dan tak berharga. Apa yang ada dalam kehidupan kita sehari-hari terkadang kita pandang sebagai “biasa saja” dan bahkan “tak berharga”, namun tanpa kita sadari bahwa semua itu adalah sebuah harta berharga?

Kita memandang kesehatan kita sebagai “biasa saja”, namun saat sakit mendera baru kita merasa bahwa bisa hidup tanpa rasa sakit adalah hal yang berharga dan mahal.

Kita memandang anggota keluarga kita sebagai “biasa saja”, namun saat mereka tiba-tiba meninggalkan kita maka kita merasa kehilangan dan sedih.

Kita kadang merasa bosan dan lelah dengan pekerjaan yang kita kerjakan setiap hari, namun saat tiba PHK dan tak lagi punya pekerjaan maka baru kita menyadari bahwa semua itu adalah berkat Tuhan.

Jadi, hari ini mari belajar memiliki sudut pandang yang berbeda terhadap apa yang selama ini kita pandang sebagai “hal biasa” atau hal yang tak menarik lagi. Perhatikan dan seledikilah, mungkin saja hal tersebut memiliki nilai yang mahal dan berharga. (crosswalk)