JERAPAH

Sesaat setelah melahirkan bayinya, seekor jerapah biasanya akan melakukan tindakan kekerasan selama beberapa kali.

Hal pertama yang dilakukan oleh induknya adalah berdiri di belakang anaknya dan memberikan tendangan yang cukup keras ke tubuh bayi Jerapah. Bayi Jerapah kemudian terbangun, lalu mencoba berdiri, namun masih mudah terjatuh karena kakinya yang masih lemah dan mudah goyah. Sang induk kembali bergerak ke belakang bayi Jerapah dan memberi tendangan lagi kepadanya.

Demikian berlangsung beberapa kali hingga si bayi berdiri kokoh dan mulai berjalan menuju puting susu sang induk.

Mengapa? Karena induk Jerapah tahu bahwa satu-satunya peluang bagi bayinya untuk bisa bertahan hidup di hutan adalah dengan berdiri kokoh di atas kakinya sendiri. Jika tidak, maka akan sedemikian mudahnya dia diterkam binatang buas dan menjadi mangsa mereka.

Apakah tindakan induk jerapah adalah tindakan kasih? Sudah pasti !

__________________________________________

Disiplin dibutuhkan dalam mengasihi, karena tanpa disiplin tidak ada penguasaan diri.  Kasih tanpa disiplin mengakibatkan kita menjadi manja, liar, tidak normal. Sebaliknya, disiplin tanpa kasih terkesan kejam, keras, kaku dan menimbulkan sakit hati dan kita menjadi berontak.

Kasih dan disiplin harus menjadi satu kesatuan karena tanpa disiplin maka kasih menjadi tidak tepat. Sebaliknya, tanpa kasih maka disiplin menjadi salah arah.

Hari ini saya akan melayani khotbah di JKI. Doakan pelayanan Firman Tuhan ini menjadi berkat bagi jemaat yang hadir. Selamat hari Minggu buat anda semua. Selamat hari Minggu !