HIKMAT DAN KEKAYAAN

Nasrudin berbincang-bincang dengan hakim kota. Hakim kota, seperti umumnya cendekiawan masa itu, sering berpikir hanya dari satu sisi saja. Hakim memulai, “Seandainya saja, setiap orang mau mematuhi hukum dan etika…”

Nasrudin membalas, “Bukan manusia yang harus mematuhi hukum, tetapi justru hukum lah yang harus disesuaikan dengan kemanusiaan.”

Hakim mencoba bertaktik,

“Tapi coba kita lihat cendekiawan seperti Anda. Kalau Anda memiliki pilihan: kekayaan atau kebijaksanaan, mana yang akan dipilih?”

Nasrudin menjawab seketika, “Tentu, saya memilih kekayaan.”

Hakim membalas sinis, “Memalukan. Anda adalah cendekiawan yang diakui masyarakat. Dan Anda memilih kekayaan daripada kebijaksanaan?”

Nasrudin balik bertanya, “Kalau pilihan Anda sendiri?”

Hakim menjawab tegas, “Tentu, saya memilih kebijaksanaan.”

Dan Nasrudin menutup, “Terbukti, semua orang memilih untuk memperoleh apa yang belum dimilikinya.”

___________________________________________

Hahaha….bisa-bisa aja Nasrudin menohok si Hakim yang pasti dikenal sebagai orang yang bijak untuk memutuskan sesuatu. Inilah pentingnya hikmat sebagaimana dikatakan dalam Amsal 8 : 11 “Karena hikmat lebih berharga dari pada permata, apapun yang diinginkan orang, tidak dapat menyamainya.”

Bagaimana  mendapatkan hikmat ?
1. Mencari pengetahuan, dengan selalu belajar, belajar dan belajar.
2. Takut akan Tuhan
Dengan melakukan itu, bukan hikmat saja yang kita dapat, tapi semuanya!  Seperti raja Salomo yang hanya meminta hikmat untuk memutuskan hukum. Dan dia juga mendapatkan kekayaan, kemuliaan, serta umur panjang.

Pagi ini saya melayani khotbah di sebuah Gereja JKI di Surabaya. Selamat hari minggu bagi anda ! Tuhan Yesus memberkati !

logo_1543818_web

2 thoughts on “HIKMAT DAN KEKAYAAN

  1. Wisdom is important. Be afraid of God and obey His words are more important. Riches are added values of being afraid of God and obey His words. And so is wisdom. Well, I think we can’t choose which one to have it. That’s the authority from Lord Jesus to give for us. Some people maybe get riches only and others get both-wisdom and riches.

  2. Good story….^=^
    Bagus ulasannya. Hikmat bisa kita didapatkan juga dari firman Tuhan. Betul jika kekurangan hikmat, kita bisa minta Roh Kudus. Dengan hikmat dapat memperluas wawasan juga. Ya benar dg takut akan Tuhan maka hikmat yg didapatkan bisa digunakan sebagai hal-hal yg positif.
    Akhir-akhir ini banyak manusia yg punya banyak hikmat tapi karena tidak ada takut akan Tuhan jadinya digunakan hal-hal yg negatif bahkan merusak orang lain. Seperti yg kita tahu akhir-akhir ini banyak bahan campuran untuk makanan tetapi yg bukan dari bahan makanan sehingga merusak kesehatan bahkan berakibat kematian seperti formalin, borak, pewarna tekstil, rivanol, obat hama, plastik, dll.
    Sebaiknya kita tidak terikut arus yg negatif hanya demi mendapatkan keuntungan yg sangat besar dg mengorbankan orang lain (menghalalkan segala cara) & jeli dalam memilih makanan.

    Have a blessed&peaceful sunday with your mom&Holy Spirit.
    ⌣»̶·̵̭̌·✽τнänκ чöü✽·̵·̵̭̌«̶⌣
    Jesus loves you so much.

Comments are closed.