HAL KECIL

David Gunn dipilih menjadi direktur kereta api pada tahun 1980-an dan William Bratton diangkat sebagai komandan keamanan kereta api di New York. Pada masa itu, angka kejahatan yang terjadi di stasiun maupun di dalam kereta api sangat tinggi. Bahkan mahasiswa asing, diingatkan oleh mentornya agar mereka selalu membawa uang minimal 5 dolar untuk diberikan kepada para geng jika mereka bertemu dengan pemalak. Korban penodongan dan pemerasan makin banyak, bahkan para anggota geng memungut uang tiket yang mesin pembelian tiketnya telah mereka rusak. Kerugian pihak kereta api pun semakin besar.

Kedua pengurus kereta api yang baru diangkat itu sepakat untuk membasmi kejahatan ini dari hal-hal kecil. Mereka mulai dari aksi corat-coret yang dilakukan oleh para geng. Untuk mencoret, para anggota geng membutuhkan waktu tiga hari, di mana hari pertama memberi cat dasar, hari kedua memasang pola dan hari ketiga mereka mencoret. Para petugas telah siap, pada hari itu juga coretan tersebut dibersihkan hingga tanpa bekas, begitu seterusnya hingga akhirnya tidak ada lagi aksi corat-coret. Dari situ, mereka mulai menertibkan peraturan kereta api, bagi yang melawan langsung diborgol dan diberi hukuman dengan berdiri di depan loket, mereka dipermalukan dengan dijadikan tontonan masyarakat sebelum digiring ke kantor polisi.10 tahun setelah pengangkatan Gunn dan Bratton, angka kejahatan merosot hingga 75%.

_____________________________________________________

Kedua orang ini sama-sama mengetahui bagaimana cara menangani masalah besar yang sedang mereka hadapi. Sebagaimana sebuah masalah muncul dari hal kecil, mereka pun menanganinya dari hal-hal kecil. Mereka tidak melihat seberapa besar masalah yang mereka hadapi, mereka hanya fokus kepada hal-hal kecil yang bahkan bagi orang lain tidak diperhatikan. Tetapi, justru dari titik inilah mereka dapat mengatasi persoalan-persoalan besar.

Saya jadi teringat dengan perkataan Mother Teresa “Dalam kehidupan ini kita tidak selalu dapat melakukan hal besar, tapi kita dapat melakukan banyak hal kecil dengan kasih yang besar”  Mari kita berangkat dari hal-hal kecil yang setia kita lakukan, maka kita akan temukan hal-hal besar yang hebat dan luar biasa dampaknya!

logo_1543818_web

2 thoughts on “HAL KECIL

  1. Bagus bangat ceritanya , sebuah pengajaran u/ tdk mengabaikan hal2 kecil krna smuany bermula dari kecil dulu baru besar yakan2 Barangsiapa setia pada perkara kecil maka kepadanya akan di berikan perkara2 besar ! •⌣˚Ʈ♓ªƞƘ ♧ ƔoƱ˚⌣•‎​. Mas yg sll setia menulis u memotivasi juga menginspirasi T YESUS berkati karya n kerjany

  2. Tuhan pun memakai yg kecil utuk memegahkan hal2 yg besar, supaya setiap org ketika mencapai hal2 yg hebat & besar dalam hidupnya tetap memiliki HATI yg RENDAH HATI & tidak SOMBONG. Bisa menghargai orang2 di sekitarnya bagaimanapun keadaan mereka, bisa saling mengasihi satu dengan yg lain dan bisa menghargai hal yg sudah dicapai. Tuhan Yesus memberkati anda !

Comments are closed.