GULMA

Satu ketika hiduplah seorang ayah yang memiliki anak bandel. Anaknya ini sudah sering diingatkan namun sulit patuh dengan anjuran ayahnya. Karena itu, sang ayah akhirnya mengajak anak ini untuk berjalan-jalan di sebuah taman.

Saat sampai di depan sebuah pohon gulma kecil, ayah itu berkata, “Coba cabut gulma itu.” Sang anak kemudian mencabut gulma itu dengan mudah. Mereka berjalan lagi dan menemukan gulma yang sudah cukup tinggi, sang ayah berkata lagi, “Coba cabut gulma itu.” Sang anak pun mencabut lagi dengan mudah.

Mereka berjalan lagi hingga menemukan satu tanaman yang tidak berbunga ataupun berbuah. Tanaman itu hanya mengganggu pemandangan. Sang ayah berkata lagi, “Cabutlah tanaman yang buruk itu, nak.” Kali ini sang anak berkata, “Mengapa kamu terus-menerus menyuruhku untuk mencabut tanaman?” Sang ayah menjawab, “Cabutlah dulu maka aku akan menjelaskan.”

Kali ini sambil menggerutu anak itu berusaha mencabut tanaman yang cukup besar itu. Anak ini kesulitan karena akar tanaman itu nampaknya cukup dalam. Sang anak ini kemudian berkata, “Tidak bisa, ayah. Tanaman ini akarnya sudah dalam.”

Sang ayah kemudian berkata, “Begitu jugalah dengan kebiasaan burukmu. Jika masih kecil, ia mudah dihilangkan. Namun jika dibiarkan saja bertahun-tahun, ia akan berakar dan tak bisa dihilangkan.” Sejak saat itu, anak ini pun berubah dan mau mematuhi nasihat ayahnya.

_______________________________________
Cara menghilangkan kebiasaan buruk yang pertama adalah dengan adanya kemauan yang kuat dari dalam diri Anda untuk menghilangkan kebiasaan buruk Anda.

Kemauan yang kuat merupakan sebuah kekuatan yang mampu mendorong diri Anda untuk menghilangkan kebiasaan buruk yang sering Anda lakukan. Semua usaha untuk menghilangkan kebiasaan buruk akan menjadi sia-sia jika tidak ada kemuauan yang kuat dari dalam diri Anda untuk menghilangkan kebiasaan buruk Anda.

Cara menghilangkan kebiasaan buruk Anda yang kedua adalah dengan menghentikan kebiasaan buruk Anda. Ini menjadi hal wajib yang harus Anda lakukan. Setelah adanya kemauan keras untuk menghilangkan kebiasaan buruk Anda, langkah selanjutnya adalah dengan menghentikan kebiasaan buruk Anda. Semua hal yang Anda lakukan untuk menghilangkan kebiasaan buruk Anda akan menjadi sia-sia jika Anda tidak menghentikan kebiasaan buruk Anda dan terus melakukannya.

Cara mudah menghilangkan kebiasaan buruk selanjutnya adalah dengan mengubah pola hidup. Mengubah pola hidup menjadi lebih baik dan sehat bisa menjadi salah satu solusi alternatif untuk menghilangkan kebiasan buruk Anda.

Cara menghilangkan kebiasaan buruk berikutnya adalah dengan menggantikan kebiasaan buruk Anda dengan kebiasaan yang lebih positif. Membiasakan diri untuk memiliki kebiasaan positif akan mampu menghilangkan kebiasaan buruk Anda. Selain itu kebiasaan positif juga memberikan manfaat positif pula bagi kehidupan Anda