DON XIN YI: bocah 3 tahun harus merawat ayahnya yang lumpuh

Ini adalah kisah dalam foto tentang seorang balita perempuan yang baru berusia tiga tahun menjadi tumpuan hidup sang ayah setelah ia mengalami kecelakaan dan tak bisa lagi berjalan. Ia bernama Dong Xinyi merawat sang ayah, Dong Jian dan juga membersihkan kotorannya.

Xinyi lahir di sebuah keluarga petani di Kota Huanghia di Provinsi Shandong, China, tahun 2007. Beberapa bulan kemudian, sang ibu meninggalkan rumah dan membawa Xinyi setelah Dong Jian mengalami lumpuh akibat kecelakaan. Namun, awal tahun ini, sang ibu mengirimkan Xinyi kembali ke sang ayah. Tidak diketahui mengapa ia melakukan hal itu. Hanya saja, sejak saat itu ia kemudian merawat sang ayah.
“Ia segalanya bagi saya. Setelah kecelakaan, istri meninggalkan saya. Ayah dan ibu tiri saya bahkan tidak peduli. Saya bahkan pernah berpikir untuk bunuh diri,” katanya.


“Namun, kini Xinyi adalah di sini dan saya sangat kagum pada dirinya,” katanya. Tidak jelas, bagaimana sang ayah dan anak perempuannya memproleh uang untuk biaya hidup.

Lihat dan renungkan rangkaian foto-foto Dong Xin Yi (3 tahun) yang harus mandiri merawat ayahnya yang lumpuh, dari memandikan sampai memasak dan mengambilkan minum buat ayah tercintanya.

dong xinyi2
Dong Xin Yi bersiap untuk memandikan ayahnya
Dong Xin Yi mengambi handuk untuk mengeringkan badan ayahnya setelah mandi
Dong Xin Yi mengambi handuk untuk mengeringkan badan ayahnya setelah mandi
mengangkat kompor sendiri untuk masak makanan mereka berdua
mengangkat kompor sendiri untuk masak makanan mereka berdua
3 tahun tapi sudah bisa memasak untuk makan ayahnya dan dia sendiri
3 tahun tapi sudah bisa memasak untuk makan ayahnya dan dia sendiri
Mengambilkan air untuk minum ayahnya yang lumpuh
Mengambilkan air untuk minum ayahnya yang lumpuh
Dengan sigap air minum siap di berikan untuk ayah tercintanya
Dengan sigap air minum siap di berikan untuk ayah tercintanya

Air mata saya menetes ketika saya dalam proses meng-upload foto bocah 3 tahun ini.

Betapa mulia hatinya, dengan segala upaya yang ia miliki, Don XIn Yi merawat ayahnya yang lumpuh. Saya pribadi SANGAT MALU kepada bocah ini kalau saya tidak bisa mengasihi orang tua yang sudah melahirkan kita di dunia tanpa pamrih.

Bersyukurlah kalau keadaan anda jauh lebih baik dari foto ini. Bukan keadaan yang membaik yang akan membuat kita mampu bersyukur, tapi bersyukur dalam keadaan apa pun itu yang membuat keadaaan kita membaik.

Apa kesan anda terhadap foto ini?

Kalau saya, bisa terharu berkali-kali meski berkali-kali melihatnya!

-gideon yusdianto-

10 Replies to “DON XIN YI: bocah 3 tahun harus merawat ayahnya yang lumpuh”

  1. aq jg prh meliat ada anak kecil yg kisahnya seperti Xln Yi yg mengurus ibunya yg lumpuh & dy jg bekerja u/mendptkan mkn u/dy & ibunya. Tuhan pasti punya rencana u/menempatkan anak2 yg berhati mulia tersebut, ditengah-tengah orang tua yg memiliki keterbatasan fisik. Aq yakin pasti masih banyak anak seperti Xln Yi ini yg Tuhan bri u/menjadi penolong bagi org tua mereka.
    Klo qta masih mempunya org tua gk ada kata terlambat u/menjadi penolong bagi mereka(‘..’)

  2. Masih ada jalan terbuka untuk kita,
    Don Xin Yi membuka mata hati kita supaya kita tetap semangat dan tidak boleh putus asa.
    “Peganglah tanganku Roh Kudus setiap hari,ku tak dapat jalan sendiri tanpa RohMu, bawalah diriku kepada sgala kebenaran, agar ku tidak tersesat mengikuti jalanMu”
    Amin

  3. cerita yg menyentuh dan berkesan bgt…anak kecil aja isa ngerti balas budi dan dia gak prnh mengeluh dgn kondisi yg dia alami, meskipun dia msh kecil tapi Tuhan ksh dia kekuatan extra sehingga mampu menjalani hari2nya.kita yg msh dipercaya Tuhan dgn kehadiran ortu kita (apapun keadaannya) sehrsnya bs belajar dr gadis kecil yg dgn tulus memberikan cinta, perhatian jg kasih syg kpd org yg sdh melahirkan dan membesarkan kita.berikan yg terbaik yg bs kita lakukan slm kita msh py ortu, jgn prnh biarkan dia merasa kesepian dgn kehadiran kita..ingatlah kmbli smua pengorbanan, jerih payah dan smua yg ortu kita sdh lakukan dan berikan utk kita smp skrg…berbahagialah yg msh py ortu….JBU

  4. Di China emang banyak kejadian” spt Dong Xin Yi sih, pernah beberapa kali diberitakan di tv adanya balita”/ anak” yg bekerja di usia dini….. Ya karena hidup di China penuh perjuangan bekas pemerintahan Mao Zhe Dong dulu, juga karena karakter org chinese-Tiongkok pekerja keras.
    Tapi pemerintahan sekarang udah better kok, setelah crita Dong Xin Yi &yg lain yg mirip kasusnya masuk tv, pemerintah China langsung menanggapi & berinisiatif membantu bahkan menggugah org” lain mengulurkan tangan pula…. Praise The Lord Good Government System &Management cause Good Serving to the peoples&nation.
    So jg tjd Indonesia bangkit – Indonesia Hebat!!! Pemulihan terjadi di segala bidang, smua penduduknya orang benar. Coz HIS Kingdom be established in Indonesia…. »•*•※•*•※Ä♏έέέn※•*•※*•«O:)
    However very Saluuutttt to Dong Xin Yi” around the world where ever they are be blessed….^=^

  5. Sad story:(terharu bgt bcane. Bljar dr ank kecil ini yg brhati mulia merawat ayahx yg lumpuh dgn cinta&kasih sayang. τнäиκ чöü Mr. G bwt kisahx.

  6. dg kisah tsb. Tuhan tak membiarkan kita berjalan sendirian ,Ia memberikan penolong. spt pepatah mengatakan tak ada rotan akar pun jadi. begitu juga dg kisah ini Tuhan juga mau pakai walau seorang anak kecil sebagai penolong, amen.

  7. Tuhan balas kebaikan ny dengan segenap AnugrahMU
    Dengan segala rahmatMU
    Angkat derajat dan kehidupan
    Limpahkan Rejeki,Kesehatan,

Comments are closed.