85 TAHUN PERNIKAHAN

Pasangan suami istri di AS yang bisa mempertahankan usia perkawinannya hingga puluhan tahun termasuk langka karena tingginya angka perceraian.

Tingkat perceraian di AS sangat tinggi karena 50% orang yang menikah berujung pada perceraian.

Oleh karena itu menjadi peristiwa yang sangat luar biasa ketika pasangan kakek nenek asal Connecticut yang usianya di atas 100 tahun, John (106 tahun) dan Ann Betar (102 tahun) bisa merayakan pernikahan yang ke-85 tahun.

Apalagi baik John maupun Ann Betar bisa merayakan ulang tahun perkawinan yang sangat langka itu dalam kondisi sehat walafiat.

Dari sejarah hidupnya pasangan yang unik itu bertemu pada tahun 1932 ketika John berusia 21 tahun dan Ann berusia 17 tahun.

Awalnya mereka tidak saling tertarik secara fisik tapi saling tertarik dengan mobil yang mereka pakai.

Pada 25 November 1932 keduanya menikah dan saat itu John sempat berkelakar bahwa pernikahannya tidak akan berlangsung lama.

Pada tahun 1932 AS yang saat itu dipimpin oleh Presiden Franklin D Roosevelt memang sedang dilanda resesi ekonomi sehingga John berani meramal bahwa usia perkawinannya tidak akan berlangsung lama.

Tapi diluar dugaan baik John maupun Ann ternyata saling mencintai hingga pada bulan November 2017 perkawinan mereka memasuki usia yang ke-85.

John dan Ann memiliki 5 orang anak dan 15 cucu, dan sejumlah cicit yang jumlahnya sampai tidak bisa dihapal.

Anak tertua pasangan John dan Ann adalah seorang perempuan berusia 84 tahun.

Lalu apa kiat John dan Ann hingga bisa memasuki usia perkawianan ke-85 sekaligus berumur panjang.

Kuncinya ternyata sederhana kemauan untuk saling mendengarkan dan terus saling mencintai.