MOM’s 1st BIRTHDAY

Ulang tahun pertama anak sering dirayakan sebagai tanda syukur bahwa Tuhan telah menitipkan buah hati tercinta. Namun, kita sering lupa bahwa saat seorang anak berulang tahun yang pertama, seorang wanita juga sedang merayakan ulang tahun pertamanya sebagai ibu.  Berikut ini anda bisa menyimak sebuah video iklan pampers yang saya ambil dari youtube (c)

MOM’S 1ST BIRTHDAY ママも1歳、おめでとう。 | パンパース公式 – YouTube

Awalnya, Saya Tidak Yakin Bisa Menjadi Ibu Yang Baik                 Dalam iklan mengharukan ini, ada beberapa wanita yang sudah melahirkan anak pertama dan sudah satu tahun menjadi ibu. Di Jepang, saat bayi sudah masuk usia setahun, harus dilakukan kunjungan ke dokter untuk mengetahui perkembangan bayi dan kesehatannya. Para ibu muda ini membawa anak mereka ke sebuah rumah sakit, mereka tidak tahu kejutan apa yang akan mereka dapat.  Saat memeriksakan bayi mereka, sang dokter bertanya bagaimana rasanya setelah 1 tahun menjadi ibu. Ada wanita yang mengatakan “Mungkin selama setahun ini saya tidak pernah tidur,” namun ekspresi wajahnya tidak menunjukkan kelelahan sama sekali. Sementara itu ibu yang lain mengaku tidak yakin akan perannya sebagai ibu saat sedang hamil, namun semuanya berubah. Semua wanita ini menikmati peran mereka sebagai ibu. Semua hal menjadi baru, semua pengalaman ini membuat mereka lebih kuat.

Kejutan Manis Untuk Istriku Yang Paling Hebat                        Sementara itu, di sebuah lorong rumah sakit yang sudah dipersiapkan, para suami memberi sentuhan manis. Para suami memasang foto kenangan saat bayi mereka lahir dan foto moment manis mereka saat menjadi orang tua. Mereka juga diminta menulis bagaimana perasaan dan pandangan mereka terhadap sang istri, setelah satu tahun menjadi ibu.

Seorang suami meletakkan sepiring sushi istimewa bawah foto. Dia mengatakan bahwa istrinya selalu membeli sushi murah demi berhemat untuk buah hati mereka. Saya yakin, anda akan menangis melihat adegan selanjutnya di video yang saya upload hari ini.

Para wanita yang melewati lorong berisi foto dan pesan tertulis ini tidak bisa menahan air mata. Mereka seolah kembali ke masa-masa awal menjadi seorang ibu. Di akhir video tampak para suami memberikan sebuah kue ulang tahun kecil untuk anak dan istri mereka. Inilah salah satu bentuk apresiasi dan ucapan terima kasih suami.

“Aku tahu kamu merasa sakit luar biasa (saat melahirkan). Namun kamu tetap kuat. “

Tidak ada orang tua yang sempurna, tidak ada ibu yang sempurna. Namun pengalaman mereka setelah setahun menjadi ibu memberi banyak hal yang berbeda. Rasa sakit atau capek seolah hilang saat melihat buah hati sehat dan bahagia. Yang pasti, peran seorang suami tidak kalah penting saat seorang wanita mulai menjalankan perannya sebagai ibu. Anda bisa melihat bagaimana apresiasi suami yang sederhana ini bisa mengukir senyum para ibu di video ini.

 ___________________________________________________________________

6 hari yang lalu saya mengunjungi sahabat saya Bas & Fenny yang happy banget menyambut putra pertama mereka yang lahir di Rumah sakit Putri.  Karena harus operasi, sang mama baru ini tampak kesakitan ketika berjalan. Tapi meskipun capek dan sakit ia selalu menampakkan senyum terus menerus.  Apalagi, sang suami yang terus menerus mendampinginya dari awal masuk Rumah Sakit bersalin di daerah timur Surabaya itu.

Di sana saya bercerita tentang proses kelahiran saya yang tergolong mujizat. Betapa besar pengorbanan mama saya, dalam usia 45 tahun yang cukup rawan, tetap memilih kesakitan di waktu melahirkan, apalagi waktu itu tidak ada pilihan lain selain harus melahirkan normal. Sama seperti video tadi, usia 1 tahun pun saya di ulang tahuni dengan penuh kebahagiaan sebagai anak satu-satunya yang telah ditunggu 28 tahun kelahirannnya. Saya baru sadar, iya ya…itu juga ulang tahun mama saya kan sebagai “mama” menjagai saya selama setahun?

Renungan dan video ini saya persembahkan untuk semua mama dan calon mama di muka bumi ini. Anda orang yang luar biasa!

Buat anda juga yang tanpa sadar sudah menyakiti hati mama bahkan sudah melupakannya. Ingat teman,  SADARILAH bahwa di dunia ini
tidak ada 1 orang pun yang mau mati demi MAMA,  tetapi MAMA
justru satu-satunya orang yang bersedia mati untuk melahirkan
kita.

Mama bukan tempat penitipan cucunya disaat anda
jalan-jalan. Tetapi disaat beliau sudah tua dan tak bertenaga,  yang mama butuhkan sekarang adalah perhatianmu. Datang &
hampiri dia, bertanyalah bagaimana kesehatannya saat ini
dan dengarlah curhatnya. Temani dia disaat dia membutuhkanmu. Itu saja!  Mamamu sudah bahagia banget dan melupakan
semua hutangmu kepadanya.

-gideon yusdianto-

3 thoughts on “MOM’s 1st BIRTHDAY

  1. Udah aq intip videonya, bayinya lucu2..
    Klo aq menjadi seorg ibu trus dibuat moment seperti itu pasti terharu bgt.
    Memang seorg ibu itu punya peranan penting dlm mengasuh & mendidik anak.
    Seorang ibu itu terkdang bisa berperan sebagai seorg ayah u/anaknya, jika suaminya tdk ada. Tp seorg ayah akan kesulitan berperan menjadi seorg ibu u/anaknya jika istrinya tdk ada.
    Bersyukurlah diciptakan sebagai wanita krn mereka itu ISTIMEWAH {~_~}

  2. Wah ko gideon lahir setelah ditunggu 28thn? AMAZING!! it means you are special ko! Salut buat semua mama2 di dunia! Salah satu yg sy salut adalah mereka rela kehilangan bentuk bodi idealnya stlh melahirkan.. Jbu all

  3. Jadi teringat wkt melahirkan …. Senang dan terharu. Terima kasih juga melalui perenungan ini diingatkan sekali lagi ttg MAMA. I love you mom …. GBU always. God bless all moms in the world.

Comments are closed.