3 JENIS MANUSIA

Suatu hari, seorang guru menunjukkan tiga boneka pada seorang siwanya. Boneka itu ternyata menggambarkan tiga jenis manusia dalam hidup, yang manakah Anda?

Guru itu menyuruh muridnya untuk mencari tahu apa perbedaan dari ketiga mainan tersebut. Ketiganya sangat mirip satu sama lain, seperti sama sekali tak ada bedanya. Bahan, ukuran, dan warnanya pun sama. Pertamanya murid itu bingung karena tidak tahu apa bedanya, namun setelah mencari dengan seksama, murid itu akhirnya menemukan perbedaan dari ketiga boneka tersebut.

Anak ini menemukan bahwa boneka pertama memiliki lubang di telinganya. Boneka kedua memiliki lubang di telinga dan mulut. Lalu, boneka terakhir hanya memiliki satu lubang saja di salah satu telinganya. Setelah menemukan perbedaannya, anak ini pun melapor pada gurunya dengan bingung. Ia tidak mengerti apa maksud dari tiga boneka tersebut.

Setelah itu, sang guru memberi kawat pada anak ini. Guru itu menyuruh muridnya tersebut memasukkan kawat ke lubang yang ada di setiap boneka. Dengan patuh, anak ini memasukkan kawat ke lubang yang ada di setiap boneka tadi.

Pada boneka pertama, kawat yang dimasukkan keluar lagi melalui lubang telinga yang satunya. Pada mainan kedua, kawat yang dimasukkan lewat telinga keluar dari mulut. Sedangkan pada boneka ketiga, kawat yang dimasukkan tidak keluar lagi karena jalan di dalamnya buntu. Lalu apa artinya ketiga boneka tersebut?

Boneka pertama adalah orang yang selalu mendengarkan Anda di setiap saat. Orang ini terkesan begitu baik dan perhatian. Namun, ia sebenarnya hanya berpura-pura. Sama seperti kawat yang masuk dari telinga kanan dan keluar dari telinga kiri, begitu juga perkataan Anda. Orang yang seperti boneka ini hanya berpura-pura peduli dan sayang pada Anda padahal sebenarnya mereka sama sekali tak memikirkan Anda.

Boneka kedua adalah orang yang mendengarkan dan berusaha memahami Anda dengan baik, namun akan menggunakan fakta itu untuk kepentingannya sendiri. Ia bisa saja mengatakan hal-hal yang buruk di belakang Anda. Sama seperti kawat yang masuk dari telinga dan keluar dari mulut, segala rahasia dan keburukan Anda bisa dibocorkan olehnya. Orang-orang ini sangat berbahaya karena mereka tak segan menyingkap rahasia Anda yang terdalam sekalipun demi keuntungannya sendiri.

Boneka ketiga adalah boneka yang dari telinganya masuk kawat dan tidak keluar lagi dari manapun. Mereka ini adalah pendengar yang baik dan bisa menjaga rahasia. Mereka mungkin tak banyak bicara namun selalu bisa diandalkan dan dipercaya. Jika Anda kesulitan, mereka akan membantu dan mendengarkan problem Anda lalu menyimpannya untuk diri sendiri, bukan membeberkan ke orang lain.

Orang jenis manakah Anda?