2 NELAYAN

Dua orang pria pergi memancing. Yang satu adalah nelayan yang berpengalaman, sedangkan yang satu lagi sama sekali belum berpengalaman.

Setiap kali nelayan yang berpengalaman menangkap ikan, ia akan menaruhnya di kotak es-nya supaya ikan itu tetap segar. Setiap kali nelayan yang tidak berpengalaman menangkap ikan yang besar, ia melemparkannya kembali.

Tiba-tiba, si nelayan yang berpengalaman melihat tindakan temannya itu sepanjang hari dan merasa lelah melihat pria itu membuang semua tangkapannya. Lalu diapun bertanya, “Kenapa kau selalu membuang semua ikan besar yang kau tangkap?

Nelayan yang tidak berpengalaman itu pun menjawab, “Saya hanya punya sebuah penggorengan yang kecil.

___________________

Kerapkali, seperti nelayan itu, kita melemparkan kembali rencana besar, mimpi besar dan pekerjaan atau kesempatan besar yang Tuhan berikan di depan kita. Iman kita terlalu kecil.

Kita menertawakan nelayan yang tidak tahu bahwa yang ia butuhkan hanyalah penggorengan yang lebih besar, tetapi berapa banyak dari kita yang siap untuk meningkatkan ukuran iman kita?

Entah itu adalah masalah atau sebuah kemungkinan, Tuhan tidak pernah memberikan kepada kita sesuatu yang lebih besar daripada kemampuan kita. Dan itu artinya kita bisa saja melangkah dengan percaya diri menghadapi apapun yang Tuhan sediakan bagi kita.